DON'T BE INSECURE!

Kamis,02 Juni 2022

BACAAN ALKITAB HARI INI

Hakim-Hakim 6:11-16

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

2 Timotius 1:7

RENUNGAN INSPIRASI

Insecure adalah perasaan tidak percaya diri, malu, takut, gelisah dan tidak aman yang disebabkan oleh rendahnya penilaian terhadap diri sendiri. Hampir setiap orang pernah mengalami insecure. Namun pada sebagian orang, perasaan insecure ini terjadi terus-menerus, yang jika dibiarkan akan menghambat seseorang untuk berkembang. Insecure dapat terjadi karena pernah mengalami kegagalan, mendapatkan penilaian kurang baik, atau akibat adanya ekspektasi yang terlampau tinggi namun tidak terwujud.
Dalam bacaan Alkitab hari ini, kita mendapati sosok Gideon, yang mengalami perasaan insecure. Hal itu tampak dari jawaban Gideon, "Ah, tuanku, jika TUHAN menyertai kami, mengapa semuanya ini menimpa kami? ... Ah Tuhanku, dengan apakah akan kuselamatkan orang Israel? Ketahuilah, kaumku adalah yang paling kecil, akupun seorang yang paling muda di antara kaum keluargaku." Tetapi menarik untuk memperhatikan jawaban Tuhan secara langsung terhadap Gideon. Gideon yang merasa kecil dan penakut dikuatkan oleh Tuhan dengan berkata, "TUHAN menyertai engkau, ya pahlawan yang gagah berani.", "Tetapi Akulah yang menyertai engkau." Hal ini sepatutnya menyadarkan kita, betapa Tuhan ingin kita yakin dan percaya diri dalam menjalani hidup ini. Jika Anda sedang merasa insecure, ketahuilah bahwa tidak ada hal baik yang Anda peroleh dari rasa insecure tersebut. Hari ini putuskanlah hidup dalam kemenangan. Firman-Nya berjanji bahwa Ia tak pernah memberikan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kuasa. Ia ingin kita hidup dalam kekuatan, kemenangan, dan terobosan. Itu sebabnya kita harus mengalahkan berbagai perasaan insecure. Sadarilah bahwa setiap kita teramat berharga, hingga Yesus rela mati demi menyelamatkan kita. Jika Tuhan sendiri memperlakukan kita berharga, alangkah bodohnya jika kita dibelenggu perasaan insecure. Hiduplah dengan percaya diri, tentunya kepercayaan diri yang didasarkan pada kekuatan Tuhan dan kebenaran-Nya. Gantikanlah perasaan malu dan tidak percaya diri, menjadi perasaan yang percaya penuh pada janji-janji kebenaran firman Tuhan. [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Apakah Anda sedang merasa insecure? Apakah ada hal baik yang Anda peroleh dari perasaan itu?
2. Mengapa kita tidak boleh terperangkap dalam perasaan insecure. Langkah apa yang Anda lakukan untuk mengatasi perasaan insecure?

POKOK DOA

Bapa, firman-Mu berjanji bahwa Engkau memberikan kepadaku roh yang membangkitkan kekuatan, dan bukan roh ketakutan. Hari ini aku menyerahkan segala ketakutan dan perasaan tidak percaya diri kepada-Mu. Tolong aku Roh Kudus untuk hidup dalam janji firman Tuhan. Dalam nama Yesus, Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Percaya dan hidupilah setiap kebenaran. Gantikanlah perasaan-perasaan tidak percaya diri menjadi perasaan yang percaya penuh pada janji-janji kebenaran firman Tuhan.

HIKMAT HARI INI

“Tuhan ingin Anda melihat masa depan melalui mata iman, bukan dengan rasa takut.” – Rick Warren
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com