FINDING JOY

Sabtu,23 Juli 2022

BACAAN ALKITAB HARI INI

1 Petrus 1:2-9

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Yakobus 1:2-3

RENUNGAN INSPIRASI

Kehilangan seseorang yang sangat dikasihi dalam hidup merupakan tantangan yang sangat berat, apalagi jika itu terjadi secara tiba-tiba. Mengetahui firman Tuhan dan janji-janji-Nya tidak serta merta meniadakan hari-hari di mana kita merasa kosong dan hampa. Hati yang hancur dan kesedihan yang mendalam tidak hanya membuat kita kehilangan sukacita, tapi juga dapat membuat kita sulit untuk memegang apalagi menjalankan firman Tuhan.
Tetapi kita harus paham bahwa sukacita Tuhan yang tersedia bagi kita dalam Roh Kudus melampaui segala keadaan. Setiap pencobaan dan kesengsaraan adalah kesempatan untuk berpegang teguh di dalam iman dan kebenaran. Tuhan menggunakan apa yang kita alami untuk membuat kita menyadari dan menemukan bahwa sumber sukacita hanya di dalam Dia. Bapa Surgawi memiliki hati yang penuh belas kasihan terhadap masalah yang kita hadapi. Ia tidak mengharapkan kita untuk bertindak atau mencoba menghidupkan keyakinan bahwa semuanya akan baik-baik saja. Ia rindu bertemu kita di inti pencobaan kita dan memenuhi kita dengan sukacita berlimpah yang berakar pada kasih-Nya. Ia rindu untuk membimbing kita melalui masa-masa sulit yang mencoba merampas sukacita kita. Ia rindu untuk membuat iman kita teguh sehingga kita dapat menghadapi kesengsaraan dunia ini dengan sukacita sejati. Kita harus percaya bahwa Tuhan secara aktif bekerja untuk kebaikan kita bahkan di tengah keadaan yang menyakitkan. Saat kita percaya kepada-Nya, kita akan menemukan sukacita Tuhan yang hidup melampaui keadaan kita. Carilah Tuhan, bawa semua bebanmu. Mintalah Tuhan untuk membimbing kita ke air yang tenang agar jiwa kita dapat dipulihkan. Mintalah Tuhan untuk membimbing kita ke sumber sukacita untuk keadaan yang kita alami. Mintalah Roh Kudus untuk memberi kita perspektif yang tepat tentang hidup kita, tentang keadaan yang kita alami. Buka hati kita untuk menerima sukacita yang Ia ingin berikan kepada kita saat kita menemukan kasih-Nya yang dalam dan kuat untuk kita. [EH]

REFLEKSI DIRI

1. Dukacita, pencobaan, dan tantangan apa yang sedang Anda hadapi?
2. Bagaimana Anda mencari Tuhan agar Anda dapat hidup dengan sukacita di dalam kasih-Nya?

POKOK DOA

Tuhan Yesus, terima kasih atas sukacita yang Engkau sediakan bagi kami. Hanya Engkau yang menjadi sumber sukacita kami. Tolong kami agar kami dapat mengalami sukacita sepenuhnya. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Mencari Tuhan dan meminta Roh Kudus untuk memberi perspektif yang tepat tentang keadaan yang kita alami.

HIKMAT HARI INI

Sukacita sejati hanya dapat ditemukan di hadirat Tuhan.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com