MENGHARAPKAN HAL-HAL BESAR

Jum'at,26 Agustus 2022

BACAAN ALKITAB HARI INI

Ibrani 11:1

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Amsal 10:28

RENUNGAN INSPIRASI

Dalam salah satu bukunya, Joel Osteen mengajarkan satu hal tentang pengharapan. "Harapkan yang terbaik," demikian pesannya. Kita memang harus hidup dengan mengharapkan hal-hal baik dan hal-hal yang besar dari Tuhan. Alkitab banyak mencatat tentang kisah orang-orang yang mengharapkan hal-hal besar yang bahkan tampak mustahil. Elisa meminta dua bagian dari roh Elia, Salomo meminta hikmat dari Tuhan untuk memimpin bangsanya, Daud mengharapkan kemenangan atas Israel terhadap tantangan Goliat, dan banyak lagi. Terhadap hal ini Tuhan tidak menentang mereka. Tuhan mengabulkan permintaan Elisa karena niat hatinya yang murni. Bukan untuk terlihat lebih hebat dari Nabi Elia, sebaliknya agar ia bisa melakukan lebih banyak hal lagi bagi kemuliaan nama Tuhan. Terhadap permohonan Salomo, Tuhan bahkan memberikan lebih dari yang ia minta. Tuhan juga berkata bahwa apa yang Salomo minta itu baik di mata-Nya. Kepada Daud yang bertanding dengan membawa nama Tuhan Allah Israel, Tuhan memberikan kemenangan, meski secara mata jasmani hal tersebut tidaklah mungkin.
Tentu setiap kita memiliki harapan dan ambisi. Tak ada yang salah dengan ambisi tersebut jika saja kita memiliki motif-motif yang murni. Jangan pernah ragu untuk untuk meminta hal-hal besar dari Tuhan. Saat kita meminta hal-hal besar dari Tuhan, yang perlu kita perhatikan adalah menguji keinginan-keinginan tersebut. Hal tersebut harus disertai dengan motivasi yang benar dan murni di hadapan Tuhan. Bukan sekadar ambisi dan keuntungan pribadi. Sebab Tuhan tidak berkenan terhadap orang-orang yang memiliki ambisi untuk mencari hal-hal yang besar bagi dirinya sendiri. "Masakan engkau mencari hal-hal yang besar bagimu sendiri? Janganlah mencarinya!" (Yeremia 45:5a). Ia maha tahu dan mampu menyelidiki motivasi kita. Mari periksa diri kita dan singkirkan segala hal yang tidak berkenan di hadapan Tuhan. Milikilah ambisi-ambisi yang murni, hanya untuk memuliakan nama Tuhan. [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Sudahkah Anda memiliki harapan atau impian yang besar?
2. Di balik impian dan harapan-harapan besar Anda adakah terselip motivasi yang tidak murni, yang hanya bertujuan untuk keuntungan pribadi semata? Bagaimana motivasi yang benar atas impian yang besar?

POKOK DOA

Bapa yang baik, sesungguhnya Engkau berkenan akan keinginan hati yang tulus, murni, dan berkenan pada-Mu. Aku menyerahkan setiap harapan dan impianku ke dalam tangan-Mu. Pakailah itu bagi hormat kemuliaan nama-Mu. Dalam nama Yesus, Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Milikilah harapan dan impian yang besar dengan didasari motivasi untuk kemuliaan nama Tuhan.

HIKMAT HARI INI

“Mulailah mempercayai hal-hal yang lebih besar dan baik.” – Joel Osteen
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com