MENUNGGU BUKANLAH HAL YANG MUDAH

Senin,26 September 2022

BACAAN ALKITAB HARI INI

Titus 1:1-3

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Mazmur 33:20

RENUNGAN INSPIRASI

Hanya karena kita tahu bahwa waktu Tuhan adalah yang terbaik tidak membuat menunggu Tuhan menjadi hal yang mudah. Menunggu adalah praktik yang tampaknya kontraproduktif bagi kita. Di dunia yang bergerak lebih cepat dan tampak lebih berhasil karena kecepatan, gagasan untuk sabar dan menunggu tampaknya tidak memiliki tempat. Tetapi hikmat dunia bukanlah hikmat Tuhan.
Menunggu adalah salah satu alat favorit Tuhan untuk mendapatkan perhatian anak-anak-Nya. Nuh menunggu hujan. Daniel menunggu sepanjang malam di gua singa. Abraham dan Sarah menunggu 25 tahun untuk kedatangan putra mereka yang dijanjikan setelah menunggu seumur hidup untuk mendapatkan janji itu. Yusuf menunggu tiga belas tahun penjara untuk kejahatan yang tidak ia lakukan. Paulus menunggu di penjara. Bahkan Yesus menunggu tiga puluh tahun untuk memulai pelayanan-Nya, meskipun Ia telah diperlengkapi dengan baik jauh sebelumnya. Bagi kita yang sedang menunggu Tuhan, Rasul Paulus memberi kita gambaran dalam Titus 1:1-3. Ia mengingatkan kita bahwa Tuhan "tidak berdusta" dan janji-janji Allah telah ditetapkan sejak "sebelum permulaan waktu". Dalam masa penantian, penting untuk mengingatkan diri kita sendiri bahwa rencana Tuhan bagi kita telah ditetapkan sejak "sebelum permulaan waktu". Tuhan tahu pasti berapa lama waktu yang dibutuhkan, dan bukanlah kesalahan jika hal-hal tidak terjadi secepat yang kita inginkan. Rencana Tuhan itu sempurna (Mazmur 18:30). Pertanyaan terbaik ketika kita menunggu adalah, "apa usaha yang dapat membantu kita memahami apa yang Tuhan ingin tunjukkan kepada kita di saat kita menunggu", "apa yang Tuhan ajarkan kepada kita selama kita dalam fase menunggu", dan "apa yang dapat kita lakukan agar kita siap ketika tiba saatnya untuk bergerak". Mari belajar menunggu dengan bijaksana, sementara Tuhan menyelesaikan pekerjaan-Nya secara sempurna. Tuhan ingin memiliki hubungan yang intim dengan kita. Ia ingin kita memiliki keyakinan penuh di dalam Dia. Kita harus percaya kepada-Nya dan mengingat bahwa Ia mengasihi dan memelihara kita. Luangkan waktu bersama Tuhan. Baca firman-Nya. Dengarkan suara-Nya, dan nantikan Dia. Puji dan sembahlah Dia. Percayalah kepada-Nya untuk memperbarui kekuatan kita dan memberi kita damai sejahtera-Nya. Menunggu waktu Tuhan tidak pernah sia-sia. Ketika kita bertekun melewati masa-masa penantian, iman kita menjadi dewasa dan utuh. Ketika kita menantikan Tuhan, kita akan mendapatkan kekuatan baru. Kita akan naik seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; kita berlari dan tidak menjadi lesu, kita berjalan dan tidak menjadi lelah (Yesaya 40:31). [EH]

REFLEKSI DIRI

1. Pernahkah Anda mengalami musim penantian yang panjang, mungkin untuk pekerjaan, anak, atau pasangan? Apakah Anda berada di salah satu musim itu sekarang?
2. Menurut Anda, apa yang ingin Tuhan tunjukkan kepada Anda selama periode menunggu yang Anda alami?

POKOK DOA

Tuhan, terima kasih karena Engkau memegang waktu di tangan-Mu. Ajar kami saat kami harus menunggu dan ungkapkan kepada kami apa yang dapat kami lakukan untuk melayani, mencintai, dan mempersiapkan diri untuk pekerjaan-Mu saat kami dalam masa penantian. Kami mempercayai Tuhan dengan seluruh hidup kami. Dalam Nama Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Jika Anda sedang menunggu Tuhan bekerja, teruslah menunggu sementara Tuhan menyelesaikan pekerjaan-Nya secara sempurna.

HIKMAT HARI INI

Kita melalui proses menunggu Tuhan agar kita mendapatkan kekuatan dan daya tahan yang Tuhan janjikan kepada kita.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com