MERESPONI PADANG GURUN KEHIDUPAN

Kamis,29 September 2022

BACAAN ALKITAB HARI INI

Keluaran 16:1-12

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Filipi 4:6

RENUNGAN INSPIRASI

Ketika bangsa Israel sampai di Elim, mereka dapat menikmati dua belas mata air dan tujuh puluh pohon korma. Sejauh itu, Alkitab tidak lagi menunjukkan adanya keluhan dari mereka. Tapi setelah mereka sampai di padang gurun Sin yang terletak di antara Elim dan gunung Sinai, segenap jemaat mulai bersungut-sungut kepada Musa dan Harun. Kali ini kebutuhan mereka bukanlah air melainkan makanan. Musa dan Harun bahkan dituduh membawa seluruh jemaat keluar ke padang gurun itu untuk membunuh mereka.
Satu kebenaran yang perlu kita tahu adalah Tuhan memang memimpin bangsa Israel ke padang gurun gersang tersebut sebagaimana Tuhan telah memimpin mereka sejak awal keberangkatan mereka dari Mesir. Musa memberitahu bahwa ketika Tuhan memenuhi kebutuhan makanan mereka, petang itu mereka akan tahu bahwa Tuhanlah yang membawa mereka keluar dari tanah Mesir (ayat 6 dan 13). Ketika kita memasuki padang gurun kehidupan, sangat mudah bagi kita untuk menyalahkan seseorang atau keadaan atas persoalan yang kita hadapi, sama seperti bangsa Israel yang menyalahkan Musa dan Harun. Tapi seharusnya kita tidak perlu mengulangi kesalahan mereka. Jadi ketika kita diperhadapkan pada padang gurun kehidupan, bukankah seharusnya kita mengakui bahwa Tuhan memang membawa kita ke dalam situasi tersebut untuk membiarkan-Nya memenuhi kebutuhan kita. Ketika kita sadar akan suatu kebutuhan dalam hidup kita, respon kita seharusnya bukan lagi bersungut-sungut atau menggerutu, tapi kita perlu segera mencari Tuhan, memohon kepada-Nya, dan nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Karena melalui padang gurunlah, "maka kamu akan mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, Allahmu." [LS]

REFLEKSI DIRI

1. Mengapa Tuhan ijinkan Anda memasuki padang gurun dalam hidup Anda?
2. Ketika Anda melalui padang gurun kehidupan, apa respon terbaik yang dapat Anda lakukan?

POKOK DOA

Bapa Surgawi, aku sedang berada di padang gurun. Aku mengucap syukur karna Tuhan turut bekerja dalam segala hal yang terjadi dalam hidupku. Aku mohon belas kasih-Mu untuk menunjukkan jalan keluar dan memenuhi segala hal yang kuperlukan. Di dalam nama Yesus aku berdoa, memohon dan bersyukur. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Ketika Anda menemukan suatu kebutuhan dalam hidup Anda, jangan bersungut-sungut. Cari Tuhan, mohon kepada-Nya, dan nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.

HIKMAT HARI INI

Tuhan menuntun Anda ke padang gurun sehingga Anda akan melihat bagaimana Ia dapat memenuhi kebutuhan itu.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com