SIAPA CIRCLE ANDA?

Sabtu,22 Oktober 2022

BACAAN ALKITAB HARI INI

1 Raja-raja 12:1-19

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Amsal 13:20

RENUNGAN INSPIRASI

Circle dapat didefiniskan sebagai lingkup pertemanan. Mereka adalah orang-orang yang mempengaruhi hidup, baik secara pola pikir, nilai-nilai, hingga keputusan-keputusan yang dibuat. Seringkali kita tidak menyadari bahwa orang-orang di dalam circle kita dapat mempengaruhi masa depan kita. Misalnya, kita memilih sebuah universitas dan jurusan ketika memasuki masa kuliah karena pengaruh teman dekat. Satu keputusan ini benar-benar dapat mengubah jalan hidup seseorang. Circle tidak harus teman-teman sebaya, tetapi bisa juga orang-orang berbeda usia dan pengalaman. Idealnya, circle yang Anda miliki harus diisi oleh orang-orang yang tepat, artinya dapat menambah hal-hal positif bagi Anda dan membuat hidup Anda semakin maju.
Kita dapat belajar dari Rehabeam yang keputusannya dipengaruhi oleh teman-teman sebayanya, dan keputusan tersebut ternyata membuat kerajaan Israel terpecah menjadi dua. Rehabeam mengabaikan nasihat orang-orang tua yang lebih bijak. Oleh karena itu, sebaiknya di dalam circle kita, ada orang-orang yang lebih bijak untuk menjadi mentor kita. Kita bisa bertukar pikiran tentang value yang kita miliki dengan siapa saja, dan kepada orang-orang yang lebih bijak, kita bisa dibukakan cara berpikir yang lebih baik. Sebuah circle dengan perspektif yang berbeda-beda akan memperkaya cara kita berpikir. Kita akan menerima hikmat-hikmat baru dan menjadi seseorang yang lebih maju. Jika saat ini Anda tidak menemukan orang-orang dengan kriteria tersebut, jangan takut untuk mencari lingkungan baru yang dapat membantu Anda untuk bertumbuh. Mulailah dengan mengikuti komunitas sel di gereja, mengeksplor hal-hal baru, atau mengikuti acara-acara networking. Manfaatkan kemudahan digital untuk memperbesar circle kita. Siapa tau salah satu dari orang-orang tersebut akan mengubah hidup Anda, bahkan menjadi inner circle Anda suatu hari nanti. [KH]

REFLEKSI DIRI

1. Siapa yang menjadi circle Anda saat ini? Apakah circle Anda saat ini membawa dampak positif dalam hidup Anda?
2. Apakah Anda ingin merubah inner circle yang Anda miliki saat ini? Bagaimana sebaiknya komposisinya?

POKOK DOA

Bapa, aku rindu hidupku dikelilingi oleh orang-orang positif dan membangun. Kiranya engkau dapat mengirimkan orang-orang yang akan mengubah hidupku, semakin berkembang dan maju. Lewat hidupku, aku rindu untuk membawa kemuliaan bagi nama-Mu, serta menjadi berkat bagi bangsa-bangsa. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Lihat siapa yang menjadi orang-orang yang mempengaruhi jalan hidup Anda saat ini. Apakah orang-orang tersebut membuat Anda semakin berkembang dan maju? Jika tidak, mungkin Anda perlu mengevaluasi lingkungan pergaulan Anda, supaya hidup Anda semakin berkembang dan bukan sebaliknya.

HIKMAT HARI INI

“Find a group of people who challenge and inspire you; spend a lot of time with them, and it will change your life.” – Amy Peohler
Temukan sekelompok orang yang menantang dan menginspirasi Anda; habiskan banyak waktu dengan mereka, dan itu akan mengubah hidup Anda.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com