YOU ARE PRECIOUS

Rabu,26 Oktober 2022

BACAAN ALKITAB HARI INI

Hakim-hakim 6:12-15

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

1 Petrus 1:18-19

RENUNGAN INSPIRASI

Dalam buku The Hiding Place yang ditulis oleh Corrie Ten Boom, ada satu kutipan menarik darinya yang berbunyi, "Di dalam Alkitab, saya belajar bahwa Tuhan menghargai kita bukan karena kekuatan atau otak kita, tetapi karena Ia telah menciptakan kita. Siapa yang tahu, di mata-Nya orang yang setengah cerdas mungkin lebih berharga daripada seorang pencipta jam, atau seorang letnan." Ini merupakan jawaban satir Corrie atas pernyataan Letnan Rahms, integrator yang meremehkan pelayanan Corrie terhadap orang-orang dengan keterbelakangan mental.
Seperti Letnan Rahms, banyak orang menilai keberhargaan diri sesuai versi dunia ini daripada versinya Tuhan. Dunia ini terbiasa memberikan nilai yang tinggi terhadap orang-orang berkuasa, pintar, dan terpandang. Hal ini pernah dialami Gideon. Ia sempat terjebak dengan nilai keberhargaan diri versi dunia. Bacaan Alkitab hari ini mengutip perkataan Gideon saat Tuhan memerintahkannya untuk memimpin dan menyelamatkan orang Israel dari bangsa Midian. Jawaban Gideon adalah, "Ah Tuhanku, dengan apakah akan kuselamatkan orang Israel? Ketahuilah, kaumku adalah yang paling kecil di antara suku Manasye dan akupun seorang yang paling muda di antara kaum keluargaku." Gideon merasa tidak layak karena ia paling muda dan kaumnya adalah yang terkecil. Padahal sebelum Tuhan memberikan perintah yang spesifik, Ia terlebih dahulu memanggil Gideon dengan sebutan pahlawan yang gagah berani (ayat 12). Tuhan memandang Gideo berharga. Dari peristiwa itu, Gideon jadi tahu bahwa kasih karunia Tuhan yang luar biasa menyertainya. Jika ada di antara kita yang sedang bergumul dengan harga diri, pikirkanlah Allah Bapa yang telah menciptakan kita menurut gambar-Nya. Kristus adalah harapan kita. Tanamkan firman Tuhan dalam pikiran kita, perkatakan, "Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya." [LS]

REFLEKSI DIRI

1. Apakah Anda sedang berjuang dengan rasa malu, rasa takut, rasa tidak layak, sulit menerima diri sendiri, dan sering menipu diri sendiri?
2. Jika ya, bagaimana firman Tuhan hari ini menjawab dan mengatasi pergumulan Anda mengenai keberhargaan diri Anda?

POKOK DOA

Allah Bapa, aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya. Terpujilah nama-Mu Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Jangan lagi merasa tidak layak, karena kita tahu bahwa setiap kita diciptakan serupa dengan gambar Tuhan, dan karena itu kita teramat berharga di hadapan-Nya.

HIKMAT HARI INI

Mengapa kita begitu khawatir tentang apa yang dunia katakan tentang harga diri, apakah kita lebih percaya pada pendapat mereka daripada pendapat Tuhan yang menciptakan kita?
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com