JANGAN MALAS

Senin,21 November 2022

BACAAN ALKITAB HARI INI

Amsal 6:6-8

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Amsal 19:15

RENUNGAN INSPIRASI

Mager alias malas gerak bermakna menghindar melakukan sesuatu atau memang tidak mau melakukan sesuatu sama sekali. Ada pula istilah "kaum rebahan" yang menunjuk pada orang-orang yang menghabiskan waktu sepanjang hari dengan tidak melakukan apa pun selain berselancar di media sosial hingga berjam-jam dan bukan pada waktu yang tepat. Sebuah survey di tahun 2021 menunjukkan bahwa hampir setengah dari responden menyatakan rata-rata mereka menghabiskan lima hingga enam jam penggunaan smartphone mereka setiap hari, tidak termasuk penggunaan yang terkait pekerjaan. Tidak heran ada banyak orang yang terbiasa mengecek smartphone mereka ketika sedang bekerja, sekali pun tidak ada hal yang begitu urgent dan penting.
Harus diakui, menyingkirkan rasa malas bukanlah hal yang mudah. Bacaan Alkitab hari ini menggunakan analogi hewan paling kecil, yakni semut. Coba Anda perhatikan bila sekumpulan semut dihadang oleh sesuatu, maka semut akan berusaha mencari jalan lain dengan mencari celah, mengambil jalan lain, menerobos, atau mengelilingi benda penghalang. Ini adalah contoh relevan yang menunjukkan gerak aktif dalam mengusahakan sesuatu dengan semangat pantang menyerah. Sekumpulan semut dengan giat mengusahakan apa yang diperlukan untuk menyediakan sumber makanannya ketika musim berubah. Analogi semut memang sederhana namun sangat bermakna untuk direnungkan. Bagi para pekerja korporat, apakah kita melakukan pekerjaan kita dengan tulus dan sungguh-sungguh atau kita hanya mengerjakannya ketika reporting officer atau pemilik bisnis sedang bersama kita? Apakah kita hanya mengejar reward semata? Tidak ada yang salah dengan reward, namun memeriksa dan memurnikan motivasi kita dalam bekerja dapat menjadi cara mengatasi rasa malas. Bagi mahasiswa, apakah kita mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh untuk belajar bahkan sebelum ujian evaluasi dilaksanakan? Seberapa sering kita menghindari tanggung jawab pekerjaan di rumah atau di marketplace karena rasa malas? Semoga kita dapat menjawab pertanyaan tersebut dengan jujur. Sebab kita harus menjadi penatalayan yang benar atas talenta dan berkat Tuhan dalam hidup kita. [MLS]

REFLEKSI DIRI

1. Bagaimana kemalasan menyerang Anda sehari-hari?
2. Apa langkah pertama yang akan Anda lakukan dalam menghentikan kebiasaan malas?

POKOK DOA

Terimakasih Tuhan atas teguran yang Engkau sampaikan lewat analogi dalam firman-Mu. Mampukan saya untuk memiliki motivasi yang benar dalam bekerja dan mengusahakan pekerjaan dengan kualitas terbaik hingga menjadi berkat bagi sekitar saya. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Sebelum memulai pekerjaan Anda, tentukan apa yang ingin dicapai pada hari itu dan selesaikan pekerjaan dengan tekun hingga menghasilkan yang terbaik.

HIKMAT HARI INI

Tangan yang lamban membuat miskin, tetapi tangan orang rajin menjadikan kaya.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com