JANGANLAH MENAHAN KEBAIKAN!

Rabu,23 November 2022

BACAAN ALKITAB HARI INI

Yeremia 38:8-13; 39:17-18

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Amsal 3:27

RENUNGAN INSPIRASI

Keberuntungan dan kebaikan yang kita tuai dalam hidup tak jauh dari apa yang pernah kita tabur. Begitulah hukum kehidupan yang berlaku bagi siapa pun. Setiap benih kebaikan yang kita tabur tak pernah sia-sia. Hanya menunggu waktu Tuhan, kita akan menuainya juga. Tepat seperti apa yang dialami oleh Ebed-Melekh dalam bacaan firman Tuhan hari ini.
Sepanjang kisah ini, kita mendapati bagaimana perlindungan Tuhan yang sempurna nyata bagi kehidupan Ebed-Melekh. Berawal dari penderitaan yang dialami oleh Nabi Yeremia karena menubuatkan pesan-pesan Tuhan kepada bangsanya. Hal itu menyebabkan Yeremia dimasukkan ke dalam perigi di mana tidak ada air dan hanya ada lumpur. Di tempat lembab dan tidak ada makanan inilah, nyawa Yeremia terancam. Tetapi Ebed-Melekh, yang tinggal di istana raja memohon kepada raja untuk membebaskan Yeremia. Di tengah banyaknya orang yang menentang Yeremia dan tidak percaya pada nubuatan Yeremia, tetapi Ebed-Melekh berpihak kepada Yeremia, kendati hal tersebut membahayakan posisi bahkan nyawanya. Namun, tanpa menghiraukan itu, Ebed-Melekh memilih untuk menunjukkan kebaikannya bagi Yeremia semampu yang bisa ia lakukan. Pada akhirnya, Tuhan berjanji akan meluputkan Ebed-Melekh dari kejahatan orang Babel. Selanjutnya kita perhatikan alasan Tuhan meluputkannya karena Ebed Melekh percaya kepada Tuhan (Yeremia 39:18). Tindakan Ebed-Melekh mengajar betapa berartinya kebaikan yang kita tabur. Saat ini, jika ada seseorang yang membutuhkan kebaikan, bantuan, dan uluran tangan kita, jangan pernah menahan kebaikan tersebut. Lakukanlah selagi kita mampu melakukannya. Kadang, tanpa disadari bisa saja kebaikan yang kita lakukan memberi pengaruh besar bagi kehidupan seseorang. Percayalah, Tuhan tak pernah melupakan setiap kebaikan yang ditabur oleh anak-anak-Nya. Kita tak bisa menduga bagaimana pemeliharaan Tuhan yang sempurna itu akan melingkupi kita. [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Melalui kehidupan Ebed-Melekh, hal baik apa yang Anda peroleh untuk Anda terapkan dalam kehidupan Anda?
2. Mengapa kita harus melakukan kebaikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya?

POKOK DOA

Bapa, mampukanlah aku untuk tidak menahan kebaikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya. Dalam nama Yesus, Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Jika seseorang membutuhkan kebaikan, bantuan, dan uluran tangan Anda, jangan pernah menahannya. Lakukanlah selagi kita mampu melakukannya.

HIKMAT HARI INI

Tuhan tak pernah melupakan setiap kebaikan yang ditabur oleh anak-anak-Nya.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com