TUHAN MEMPERHATIKAN KERENDAHAN HAMBA-NYA

Sabtu,31 Desember 2022

BACAAN ALKITAB HARI INI

Lukas 1:46-49

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Lukas 1:46-48a

RENUNGAN INSPIRASI

Peristiwa Natal tak bisa kita pisahkan dari peranan Maria sebagai Ibu Yesus. Menjadi ibu bagi sang Mesias bukanlah tanggung jawab yang mudah untuk dijalani. Bayangkan saja, hal-hal yang harus dilalui Maria, bagaimana ia harus menerima status kehamilan sebelum pernikahan. Akan ada lebih banyak hal yang membuat Maria menghadapi berbagai kesulitan bahkan penderitaan. Teman-teman dan keluarganya bisa saja mengucilkannya; dalam keadaan hamil ia hampir ditinggalkan oleh tunangannya, kelak Anaknya tersebut akan mengalami penolakan dan bahkan harus mati dibunuh. Perjalanan hidup yang tidak mudah untuk diterima. Tetapi Maria yang taat itu menyadari bahwa dirinya adalah hamba Allah yang menerima peran dan tanggung jawabnya menjadi Ibu dari Mesias. Berselang setelah pertemuannya dengan Elisabet, perhatikan bagaimana respon Maria terhadap tanggung jawab besar yang akan diembannya. Satu sukacita besar meluap dari hati Maria karena Ia mengandung Yesus, Juruselamat dunia. Katanya, "Jiwaku memuliakan Tuhan, dan hatiku bergembira karena Allah, Juruselamatku, sebab Ia telah memperhatikan kerendahan hamba-Nya." Ucapan ini menunjukkan bagaimana Maria memahami dan merasakan betul bagaimana kehadiran Kristus itu mendatangkan sukacita sejati dalam hidupnya dan bagaimana Tuhan akan memperhatikan kerendahan hamba-Nya.
Dalam hidup kita pun ada hal-hal yang mendatangkan kesedihan, dan bisa saja membuat kita tertekan untuk menggenapi rencana Tuhan terjadi dalam hidup kita. Tetapi Kristus telah diberikan bagi kita sebagai sumber sukacita dan pengharapan abadi kita yang turut memperhatikan kerendahan hamba-hamba-Nya. Melalui Yesus Kristus yang telah lahir ke dunia ini, kita adalah orang-orang yang telah beroleh kasih karunia di hadapan Allah, seperti halnya Maria yang beroleh kasih karunia di hadapan Allah (Lukas 1:30). [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Adakah ada hal-hal yang membuat Anda sedih dan tertekan?
2. Sudahkah dalam hidup ini Anda menyadari bagaimana Yesus memperhatikan setiap kerendahan Anda?

POKOK DOA

Jiwaku memuliakan Tuhan dan hatiku bergembira karena Allah, Juruselamatku, sebab Ia telah memperhatikan kerendahan hamba-Nya. Terima kasih Yesus Engkau adalah karunia terbesar dalam hidupku. Dalam nama Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Sadari dan bersukacitalah karena Yesus adalah karunia Allah bagi kita yang memperhatikan kerendahan setiap kita anak-anak-Nya.

HIKMAT HARI INI

Kristus adalah Juruselamat, Ia memperhatikan kerendahan hamba-Nya.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com