MENGHADAPI RESESI CINTA

Kamis,02 Februari 2023

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Amsal 5:18

RENUNGAN INSPIRASI

Belakangan terakhir kita kerap mendengar istilah resesi. Resesi diartikan sebagai kelesuan dalam kegiatan dagang, dan lain-lainnya. Berbicara mengenai resesi, hal ini juga bisa terjadi dalam dunia pernikahan. Tatkala usia pernikahan bertambah, umumnya seseorang tak lagi merasakan getaran-getaran cinta seperti awal berpacaran, tak lagi memiliki ketertarikan seperti awal menikah.
Dalam Amsalnya, Salomo berkata, "Diberkatilah kiranya sendangmu, bersukacitalah dengan isteri masa mudamu." Ungkapan yang memberi pesan untuk tetap setia ini juga bermakna untuk menjaga hubungan dengan tetap menikmatinya penuh sukacita seperti sediakala. Tentu hal ini juga berlaku bagi istri. Memang seiring bertambahnya usia pernikahan, akan ada hal-hal yang tidak semenarik dahulu karena kita semakin mengenali pasangan dan kelemahannya. Maka kita perlu mengenali halangan yang membuat ketertarikan itu semakin merosot. Hal-hal yang menggerus keharmonisan hubungan kita, dikatakan oleh Salomo sebagai "rubah-rubah kecil" yang merusak kebun anggur. Ini bisa berupa hal-hal kecil seperti kebiasaan buruk yang tak disukai pasangan, sikap menuntut, suka bertengkar karena masalah-masalah kecil, suka mengeluh, terlalu cerewet, dan sebagainya. Dengan mengenali hal-hal yang tidak disukai pasangan, kita belajar merubahnya demi kebaikan hubungan kita. Bagaimana pun juga seperti kata Rasul Paulus, tiap kita harus mencari kesenangan sesama kita, terkhusus pasangan kita demi kebaikannya untuk membangunnya (Roma 15:2). Kita juga harus menemukan cara untuk membuat cinta di dalam pernikahan kita tetap hidup. Suami atau istri perlu mengupayakan untuk saling membangkitkan cinta, misalnya dengan melakukan kembali hal-hal yang sering dilakukan ketika berpacaran seperti kencan, makan malam, atau menonton film berdua. Ambil waktu yang tepat, di mana anak-anak tidak diikutsertakan. Selanjutnya usahakanlah untuk mengekspresikan cinta melalui hadiah, ungkapan-ungkapan kasih, kejutan, dan sebagainya. [RS]

Ketika Anda mengetahui dan melakukan hal-hal yang pasangan Anda sukai, bagaimana respons pasangan Anda? Ketika Anda mengetahui dan berusaha tidak melakukan hal-hal yang pasangan Anda tidak sukai, bagaimana tanggapan mereka?
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com