SUPAYA IBLIS TIDAK MENGAMBIL KEUNTUNGAN

Jum'at,17 Maret 2023

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

2 Korintus 2:11

RENUNGAN INSPIRASI

Kedua bacaan Alkitab kita dimulai dengan celaan terhadap raja suatu bangsa yang menentang Allah dan bangsa Israel, yaitu kepada raja Tirus dan raja Babel. Bila kita perhatikan, kedua teks ini memberi tahu kita melampaui apa yang dapat kita baca, yaitu Iblis yang berdiri di belakang kedua orang ini, bagaimana karakter serta pekerjaannya. Ia "telah jatuh dari surga", bisa disebut "putra fajar", memiliki "gambaran dari kesempurnaan, penuh hikmat, dan maha indah", berada "di taman Eden, taman Allah", "tidak bercela" ketika diciptakan sampai terdapat kecurangan padanya, merupakan kerub yang diurapi. Ayat-ayat yang kita baca seharusnya membuat kita mengerti kejatuhan, karakter serta perilaku Iblis yang dimanifestasikan pada orang-orang yang berada di bawah kendalinya.
Iblis selalu berusaha menghancurkan orang percaya. Kita perlu tahu bahwa senjata yang selalu Iblis gunakan secara tidak langsung adalah kedagingan dan dunia. Ia melakukannya dengan cara memutarbalikkan kebenaran, menipu orang percaya, sampai akhirnya memalingkan orang percaya dari iman dan ketaatan kepada Allah seperti yang ular lakukan kepada Hawa (2 Korintus 11:3). Rasul Paulus sangat menyadari celah-celah yang dapat Iblis gunakan untuk mencapai tujuannya. Dalam konteks 2 Korintus 2:5-11, rasul Paulus membahas orang yang dikucilkan dari jemaat. Ia memberikan sejumlah alasan berbobot dalam meyakinkan jemaat untuk mengampuninya, yang salah satunya adalah supaya Iblis tidak mengambil keuntungan atas mereka. Iblis beroleh keuntungan saat jemaat tidak mengampuni petobat, sebab petobat dapat binasa oleh kesedihan yang terlampau berat. Atau jemaat yang digambarkan sebagai orang-orang yang terlalu keras dapat membuat orang takut untuk datang kepada mereka. Karena itu rasul Paulus menjelaskan secara detail supaya pelayanan jangan sampai dicela dan Iblis tidak beroleh keuntungan apa pun dari mereka. Iblis itu licik dan menggunakan banyak siasat, bahkan ia dapat mengambil keuntungan dari tindakan kita yang tidak berhikmat. Karena itu, jangan sampai kebodohan dan keegoisan kita menjadi jalan bagi Iblis untuk mengendalikan kita. Kita harus sangat berhati-hati untuk tidak memberi Iblis kesempatan sedikit pun. Ingat, si jahat bekerja tanpa henti menyerang kita. Karenanya kita harus lebih giat hidup menurut Roh Allah, mintalah hikmat kepada Tuhan dan jalani hidup yang takut akan Tuhan. [LS]

REFLEKSI DIRI

1. Dalam hal apa Iblis seringkali mengambil keuntungan atas kondisi Anda?
2. Bagaimana siasat Anda supaya jangan sampai Iblis mengambil keuntungan atas Anda?

POKOK DOA

Tuhan Yesus, aku tidak akan membiarkan Iblis mengambil keuntungan dariku. Aku mohon hikmat dan perlindungan-Mu, ya Tuhan. Aku mau Roh Kudus pimpin setiap jalan-jalanku, supaya hidupku adalah hidup yang takut akan Engkau. Di dalam nama Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Sadari bahwa Iblis bekerja tanpa henti menyerang kita. Kita harus hidup menurut Roh Allah, mintalah hikmat kepada Tuhan dan jalani hidup yang takut akan Dia.

HIKMAT HARI INI

Jangan bukakan pintu untuk Iblis. Penuhi diri dengan firman Tuhan, kelilingi diri dengan orang-orang yang berhikmat dan takut akan Tuhan.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com