MAKA TUHAN AKAN MEMULIHKAN

Selasa,21 Maret 2023

BACAAN ALKITAB HARI INI

2 Tawarikh 7:12-15

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

2 Tawarikh 7:14

RENUNGAN INSPIRASI

Dalam menjalani kehidupan ini, setiap kita membutuhkan pemulihan dari Tuhan dalam area-area yang berbeda. Ada yang rindu dipulihkan keluarganya, kesehatannya, ekonominya, usahanya, dan sebagainya. Satu hal yang bisa kita pelajari hari ini, bahwa doa merupakan jalan yang dipakai oleh Tuhan untuk mendatangkan pemulihan bagi kehidupan kita. Ayat firman Tuhan hari ini merupakan sebuah doa pemulihan yang secara langsung disampaikan oleh Tuhan kepada Salomo. Setidaknya kita belajar tiga hal mengenai doa yang membawa pemulihan dalam hidup kita.
Pertama, doa yang disertai sikap merendahkan diri. Salomo adalah raja paling berhikmat di muka bumi ini, tetapi melalui doa itu, Salomo dan umat-Nya diajar untuk merendahkan diri, bahwa umat-Nya yang berdoa dengan merendahkan dirilah yang akan dijawab. Doa yang dinaikkan atas kesadaran bahwa kita tidak dapat berbuat apa-apa dan bahwa kita bukanlah siapa-siapa tanpa Tuhan. Kita juga bisa mencontoh sikap raja Yosafat yang berseru, "Ya Allah kami, ⦠Kami tidak tahu apa yang harus kami lakukan, tetapi mata kami tertuju kepada-Mu." (2 Tawarikh 20:12). Kedua, doa yang mencari wajah Tuhan. Mencari wajah Tuhan adalah sikap bagaimana kita berusaha untuk bertemu dengan Tuhan. Bagaimana kita menyiapkan hati dan pikiran untuk bertemu dengan-Nya, memberi waktu untuk khusyuk dengan Tuhan, dan bagaimana kita memberi kesempatan dan menunggu Tuhan berbicara untuk menyatakan apa yang Ia kehendaki bagi kita. Ketiga, doa yang disertai dengan pertobatan, yaitu sikap berbalik dari jalan hidup yang salah kepada jalan Tuhan. Tuhan kita adalah kudus, sehingga secara hakikatnya Ia membenci dosa. Karenanya kita harus memiliki kehidupan yang sesuai dengan kebenaran. Ketika kita datang berseru dengan kesungguhan hati dan sikap yang benar di mata Tuhan, maka Ia akan mendengar kita. Sudahkah ketiga hal ini mencirikan doa-doa kita? [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Melalui ayat firman hari ini, bagaimanakah doa yang Tuhan ajarkan kepada Salomo dan kepada kita?
2. Dari ketiga hal yang disampaikan, adakah hal yang belum Anda lakukan sehingga doa Anda belum dijawab?

POKOK DOA

Ya Tuhan, dan jika aku merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Mu, lalu berbalik dari jalan-jalanku yang jahat, maka Engkau akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosaku, serta memulihkanku. Terima kasih ya Tuhan. Dalam nama Yesus, Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Milikilah doa yang disertai sikap merendahkan diri di hadapan Tuhan, doa yang mencari wajah Tuhan, dan doa yang disertai dengan pertobatan.

HIKMAT HARI INI

Seandainya setiap kita menyadari kunci pemulihan terletak di lutut dan hati kita.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com