Semuanya Salah

Rabu, 09 September 2020

Ayat Hafalan

Amsal 17:9

Ayo Renungkan


Sejak kelas 1 Linda tidak pernah punya teman akrab. Setiap kali diajak bermain dengan teman sekelasnya, Linda selalu menolak. “Linda, main yuk sama Albert, Nia dan Jerry di lapangan,” ajak Jenny. “Albert mainnya kasar, aku ga suka. Kalau Nia kan pelupa, dia lupa balikin penghapusku dari kelas 2. Jerry pernah injak sepatuku waktu main, aku ga mau main sama mereka,” jawab Linda menolak ajakan Jenny. Sikap Linda ini membuat teman-temannya enggan bergaul dengan Linda. Ia selalu saja melihat kesalahan dan kekurangan teman-temannya, akibatnya tak seorang pun mau berteman dengannya.
Setiap manusia pasti memiliki keterbatasan dan kelebihan, termasuk juga diri kita. Itu sebabnya, dalam persahabatan, kita tidak boieh hanya melihat kekekurangan teman kita saja. Kita harus mengutamakan kasih dalam menjalin persahabatan dengan teman-teman kita. Memang benar, kita harus berhati-hati dalam memilih teman, tapi jangan sampai kita hanya mengingat dan memperhatikan setiap kesalahan atau kekurangan teman kita saja tanpa melihat kebaikan dan kelebihan yang ada pada mereka. Sebagai manusia tentu kita pernah melakukan kesalahan juga, dan kita juga tidak mau orang lain mengingat terus kesalahan kita, bukan? Memiliki teman dalam kehidupan ini penting, kita bisa mempraktekkan kasih yang Tuhan ajarkan kepada teman-teman kita. Nah, daripada kita mengingat kesalahan dan kekurangan teman-teman kita, lebih baik kita belajar bagaimana mengasihi dan menjadi teman yang baik bagi mereka. [VJ]

Ayo Diskusi dengan Papa dan Mama

1. Bisakah kamu menyebutkan kebaikan atau kelebihan yang ada pada diri temanmu?
2. Bagaimana caranya kamu bisa menjadi teman yang baik bagi mereka?

Ayo Berdoa

Tuhan Yesus, aku bersyukur atas teman-teman yang Engkau berikan dalam hidupku. Aku mau belajar mengasihi mereka dengan kasih Kristus. Ajar aku juga untuk dapat menjadi teman yang baik untuk sahabat-sahabatku. Terima kasih Tuhan Yesus, Amin.

Ayo Lakukan

Ampuni dan lupakan kesalahan temanmu, ingatlah kebaikannya.

Tahukah Kamu

Anjing dikenal sebagai hewan yang dapat bersahabat dengan manusia. Di Jepang ada sebuah tugu yang didirikan untuk mengenang kesetiaan Hachiko, seekor anjing yang setia menunggu tuannya pulang di stasiun kereta, padahal tuannya mendapat musibah dan meninggal dunia.

Ayo Ucapkan

Aku mau mengasihi sahabat-sahabatku.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com