Dita… oh Dita

Sabtu, 12 September 2020

Ayat Hafalan

Matius 5:44

Ayo Renungkan


“Aku ga butuh teman, buat apa teman... Teman hanya bikin repot.” Teriak Dian sambil menutup pintu dengan kencang, Dian cemberut dan merebahkan dirinya ke kasur. Mama yang sedang memasak di dapur mendengar Dian sedang marah-marah pun mendatangi Dian. Mama minta Dian untuk menceritakan apa yang terjadi. Ternyata Dian ngambek karena Dita temannya telah menuduhnya mengambil buku ceritanya. Padahal buku milik Dita itu adalah buku hadiah ulang tahun dari Dian yang sudah diterima Dita setahun yang lalu. Dian semakin sedih ketika Dita mengatakan bahwa Dian tidak sungguh-sungguh memberikan hadiah buku itu untuk Dita, karena Dian telah mengambil buku yang pernah diberikannya. Mama tersenyum dan berkata, “Dian, dengan marah seperti ini apakah Dita tahu apa yang kamu rasakan?” Dian tersadar dan menjawab, “Nggak, Ma… Aku malah jadi makin sedih, jadi malas tidak mau berteman dan menjauhi Dita.” Mama kemudian mengajak Dian berdoa untuk Dita. Ternyata setelah berdoa, Dian merasa berbeda, ia merasa damai dan ia siap untuk berteman kembali dengan Dita.
Pernahkah kamu mengalami seperti apa yang Dian alami? Ada teman baikmu mengatakan hal tidak benar tentang kamu? Apa yang kamu lakukan? Dalam Matius 5:44, Alkitab mencatat perkataan Tuhan Yesus yang memerintahkan kita untuk mengasihi musuh kita, bahkan berdoa bagi mereka. Yesus berpesan agar kita bisa berteman dengan siapa saja, termasuk dengan musuh atau teman yang tidak suka dengan kita. Kita bisa berdoa bagi mereka, memaafkan perbuatan mereka, lakukan apa yang baik dan tunjukkan kasih kita kepada mereka  sesuai dengan apa yang Tuhan katakan. Setiap kebaikan yang kita lakukan pasti tidak sia-sia di mata Tuhan, kebaikan itu akan kembali buat kita. Yuk, sama-sama kita belajar mengasihi semua orang termasuk teman yang mungkin sudah menyakiti kita. Kamu butuh teman, temanmu butuh kamu. [AF]

Ayo Diskusi dengan Papa dan Mama

1. Adakah teman yang pernah menyakiti hatimu? Bagaimana perasaanmu? Ceritakan itu pada Papa dan Mama ya.
2. Maukah kamu berdoa untuk teman yang sudah menyakitimu?

Ayo Berdoa

Ya Bapa, terima kasih untuk teman-teman yang sudah Kau berikan untukku. Ajar aku untuk bisa mengasihi mereka dan juga mengampuni mereka yang sudah menyakiti aku. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

Ayo Lakukan

Berdoalah bagi teman yang pernah menyakitimu.

Tahukah Kamu

Secara ilmu kedokteran, kemarahan akan menimbulkan beberapa efek pada tubuh kita, antara lain: sakit kepala, sulit tidur, gelisah, sampai masalah pada pencernaan. Itu sebabnya, yuk kita stop marah-marah dan belajar untuk mendoakan orang yang manyakiti kita.

Ayo Ucapkan

Aku mau berdoa bagi teman-temanku.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com