Burung Jalak dan Kuda Nil

Senin, 14 September 2020

Ayat Hafalan

Pengkhotbah 4:10

Ayo Renungkan


Tahukah kalian bahwa kuda nil dan burung Jalak memiliki hubungan yang unik? Mereka membutuhkan satu sama lain. Burung Jalak adalah burung yang memakan serangga-serangga kecil, termasuk juga serangga atau binatang kecil yang ada di tubuh kuda nil. Itu sebabnya, burung ini sering ditemukan bertengger pada tubuh kuda nil untuk memakan serangga-serangga kecil di tubuh kuda nil. Hal ini membuat seluruh badan kuda nil bersih. Hubungan mereka tidak hanya menguntungkan si burung jalak saja, namun juga si kuda nil. Coba teman-teman bayangkan apa yang terjadi kalau kuda nil melarang burung jalak untuk hinggap dipunggungnya, atau kalau burung jalak tidak mau memakan serangga yang ada di tubuh kuda nil? Burung jalak itu jadi perlu berusaha lebih keras lagi untuk menemukan makanannya, sedangkan badan kuda nil bisa jadi gatal-gatal dan kotor penuh dengan serangga-serangga yang menempel.
Firman Tuhan berkata bahwa berdua lebih baik daripada seorang diri. Itu sebabnya kita membutuhkan orang lain di dalam hidup ini. Menurut ayat hafalan hari ini dalam terjemahan Bahasa Indonesia Sehari-hari dikatakan, “Kalau yang seorang jatuh yang lain dapat menolongnya. Tetapi kalau seorang jatuh, padahal ia sendirian, celakalah dia, karena tidak ada yang dapat menolongnya.” Sebagai anak Tuhan, bukan berarti hidup kita bebas dari pencobaan, kesulitan dan tantangan. Bila kita lemah dan tidak waspada, kesulitan dan cobaan yang kita hadapi dapat membuat kita lemah dan jatuh. Itulah pentingnya teman seiman yang dapat saling mengingatkan, menolong dan memberi dampak positif bagi kita. Sudahkah teman-teman tergabung dalam Small Group NDC Kids? Di dalam Small Group kita punya teman-teman yang saling menolong dan mengasihi. Yuk join Small Group supaya kita jadi punya teman dan bisa menjadi teman bagi orang lain. [VJ]

Ayo Diskusi dengan Papa dan Mama

1. Teman-teman seperti apa yang kamu miliki saat ini? Apakah kamu dan teman-temanmu sudah saling memberikan pengaruh yang baik satu sama lain?
2. Apakah kamu sudah bergabung dalam Small Group NDC Kids? Kalau belum, yuk ikutan.

Ayo Berdoa

Bapa yang baik, terima kasih Engkau telah memberikan teman-teman yang dapat menolong dan menguatkanku saat aku lemah dan menghadapi masalah. Aku pun mau menjadi teman yang memberikan mengasihi, mendukung dan menguatkan teman-temanku, sehingga aku bisa menjadi terang-Mu di mana pun aku berada. Haleluya, Amin.

Ayo Lakukan

Yuk bergabung dalam Small Group NDC Kids. Ajak temanmu yang belum bergabung ya. Link pendaftaran Small Group: http://bit.ly/JoinSGNDCKids

Tahukah Kamu

Meskipun banyak menghabiskan waktu di dalam air, ternyata kuda nil tidak dapat berenang dengan baik. Mereka akan hanyut terbawa arus sungai yang cukup deras. Itu sebabnya, kuda nil biasanya hanya berendam di tepi sungai yang dangkal.

Ayo Ucapkan

Aku mau jadi penolong bagi temanku
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com