BARNABAS DAN SAULUS

Selasa, 15 September 2020

Ayat Hafalan

kisah para rasul 9:27

Ayo Renungkan


Dalam bacaan Alkitab hari ini, dikisahkan bahwa waktu itu orang-orang Yahudi merundingkan suatu rencana untuk membunuh Saulus. Orang Yahudi di Damsyik ingin membunuh Saulus karena mereka menganggap Saulus sudah menjadi pengikut Yesus. Tetapi, atas bantu orang-orang percaya, pada suatu malam Saulus berhasil pergi dari Damsyik. Saat Saulus tiba di Yerusalem, ia berusaha menggabungkan diri dengan murid-murid Yesus yang lain. Tetapi para murid takut karena dulu Saulus adalah penganiaya murid Yesus. Mereka tidak yakin Saulus sudah benar-benar bertobat. Tetapi Barnabas, seorang murid Yesus, menyambut Saulus dengan sukacita, bahkan Barnabas mendukung Saulus di hadapan rasul-rasul dengan menceritakan bagaimana Saulus bertemu dengan Tuhan Yesus. Bagaimana keberaniannya memberitakan kabar tentang Tuhan Yesus kepada orang-orang di Damsyik. Akhirnya Saulus diterima di antara saudara seiman di Yerusalem. Bahkan para jemaat memberikan dukungan kepada dia untuk pergi memberitakan kabar tentang Tuhan Yesus kepada bangsa-bangsa lain. 
Nah teman-teman, kita harus seperti Barnabas. Saat teman kita melakukan kesalahan dan sudah meminta maaf, kita tidak boleh menghakimi mereka terus menerus. Kita harus mengampuni mereka dan mendukung mereka untuk mau memperbaiki kesalahan mereka dan menjadi pribadi yang lebih baik. Sebagai seorang sahabat, kita harus saling menguatkan dan mendukung sahabat-sahabat kita, agar sahabat kita dapat berubah menjadi lebih baik, seperti Barnabas yang menguatkan dan mendukung Saulus. (FY)

Ayo Diskusi dengan Papa dan Mama

1. Sebagai seorang sahabat, sikap seperti apa yang harus kita miliki?
2. Apakah kalian mau menjadi seorang sahabat seperti Barnabas kepada Saulus?

Ayo Berdoa

Tuhan Yesus, aku mau menjadi seorang sahabat yang selalu menguatkan dan mendukung sahabatku, seperti Barnabas yang menguatkan dan mendukung Saulus. Amin.

Ayo Lakukan

Saat teman kita mengakui kesalahannya dan meminta maaf, berikanlah pengampunan dan dukunglah agar temanmu bisa menjadi lebih baik lagi.

Tahukah Kamu

Paulus adalah nama lain dari Saulus, Saulus adalah nama orang Yahudi, Paulus adalah nama orang Yunani.

Ayo Ucapkan

Aku akan menguatkan dan mendukung sahabatku.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com