Psst…ini Rahasia!

Sabtu, 10 Oktober 2020

Ayat Hafalan

Mazmur 34:14

Ayo Renungkan

Selama masa pandemi ini, kegiatan belajar-mengajar dilakukan secara online. Sekolah online membuat Roni menjadi malas untuk belajar. Dia terus bermain game walau saat jam sekolah. Sehingga saat ibu guru menjelaskan pelajaran, pikiran dan perhatian Roni malah tertuju kepada game. Saat Roni disuruh belajar oleh mamanya, dia tidak belajar tetapi malah bermain game. Roni berpikir kalau ujian online dia bisa menyontek jawaban temannya karena ibu guru tidak akan tahu. Akhirnya Roni dan temannya Tino saling bertukar jawaban saat ujian. Tapi, ternyata saat ibu guru memeriksa hasil ujian Roni dan Tino semua jawaban mereka sama. Melalui video call, Ibu guru memanggil Roni dan Tino untuk mendengar penjelasan dan pengakuan mereka, tetapi mereka tidak mau mengakui kesalahan mereka, mereka berbohong. Akhirnya ibu guru memberi nilai nol kepada Roni dan Tino karena mereka telah saling menyontek dan berbohong, ditambah lagi tidak mau mengakui kesalahan mereka. Roni dan Tino berpikir tidak ada yang tahu kalau mereka saling bekerja sama, tetapi mereka lupa kalau Tuhan tahu. Tuhan melihat setiap tingkah laku kita dan Tuhan mendengar saat kita berkata bohong atau jujur. Tidak ada yang dapat kita sembunyikan dari Tuhan. Oleh karena itu, walaupun tidak ada orang yang melihat atau mendengar, kita tetap harus melakukan perbuatan yang benar dan berkata dengan jujur. Jadi kalau kamu masih suka bohong, stop mulai sekarang. Tuhan mengetahui segalanya dan tidak ada yang bisa kita rahasiakan dari Tuhan. [FY]

Ayo Diskusi dengan Papa dan Mama

1. Saat kamu sedang sendirian atau tidak ada yang melihat, apakah kamu tetap jujur dan melakukan hal yang benar? Kenapa begitu?
2. Coba kamu cari apa janji Tuhan kepada orang yang jujur! Tuliskan itu di selempar kertas dan tempel di meja belajar/kamarmu.

Ayo Berdoa

Tuhan Yesus, mulai saat ini aku mau menjadi orang yang jujur melalui perkataan maupun perbuatanku. Aku meminta ampun atas segala kebohonganku dulu. Ubah aku, ya Tuhan. Amin.

Ayo Lakukan

Saat kamu sendiri, tetaplah menjadi orang yang jujur.

Tahukah Kamu

Saat kita berbohong tubuh kita akan bereaksi. Jantung kita akan berdetak lebih cepat dan tubuh mengeluarkan keringat dengan banyak.

Ayo Ucapkan

Aku mau berhenti berbohong dan belajar untuk jujur, karena tidak ada yang dapat kusembunyikan dari Tuhan.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com