Sepatu Baru

Rabu, 14 Oktober 2020

Ayat Hafalan

1 Yohanes 1:9

Ayo Renungkan


Ayah Joko bekerja sebagai karyawan toko elektronik. Ibunya membuat kue di rumah dan menitipkannya di warung-warung untuk menambah penghasilan keluarga. Mereka hidup secara sederhana agar bisa menyekolahkan Joko. Baru-baru ini hampir seluruh anak laki-laki di sekolah Joko mengenakan sepatu keluaran terbaru dari merk terkenal. Joko pun sejujurnya ingin sekali memiliki sepatu tersebut. Namun, melihat keadaan ekonomi keluarganya, Joko merasa tidak tega untuk minta dibelikan sepatu mahal itu pada ayahnya. Keesokan harinya saat Joko tiba di sekolah, "Joko, lihat deh. Aku baru dibelikan sepatu keren loh sama papaku," kata Bagas, teman Joko. Bagas memamerkan sepatu baru tersebut. Seketika itu juga, Joko jadi sangat ingin memiliki sepatu itu. Waktu pulang sekolah, saat melewati rumah Bagas, Joko melihat ada  dua pasang sepatu yang sangat bagus di teras rumah Bagas. Muncul niat Joko untuk mengambil sepatu itu secara diam-diam. Joko agak ragu dan dalam hatinya seperti ada suara yang berkata "Jangan Joko! Itu mencuri namanya dan itu dosa." Namun keinginan Joko untuk memiliki sepatu itu sangat kuat. Cepat-cepat dia ambil sepatu itu lalu berlari sekencang-kencangnya. Ibu yang heran melihat tingkah Joko bertanya, "Kenapa kamu, Ko? Kayak orang ketakutan gitu? Itu sepatu siapa, nak?" Joko terdiam. Ia langsung meninggalkan ibunya dan masuk ke dalam kamar. Joko menangis, ia sadar apa yang ia lakukan itu dosa! Joko sangat menyesal. "Tuhan, ampuni aku yang berdosa ini. Aku akan kembalikan sepatu Bagas dan minta maaf padanya.” Joko menangis, menyesali perbuatannya dan ia mengembalikan sepatu Bagas serta mengakui perbuatannya. 
Teman-teman, kita pasti pernah melakukan kesalahan, baik sengaja atau tidak. Firman Tuhan mengajarkan untuk segera mengakui dosa kita dan meminta ampun kepada Tuhan. Tuhan mau kita datang kepada-Nya untuk bertobat dan mengakui kesalahan kita. Percayalah Tuhan begitu mengasihi kita. Ia pasti mengampuni kesalahan kita. Tapi jangan sia-siakan kebaikan hati Tuhan ya! Bertobatlah sungguh-sungguh dan jangan ulangi kesalahan kita! [MS]

Ayo Diskusi dengan Papa dan Mama

1. Bagaimana caranya agar kesalahan kita diampuni oleh Tuhan?
2. Apa artinya bertobat sungguh-sungguh?

Ayo Berdoa

Tuhan Yesus, terima kasih karena Engkau begitu mengasihi aku. Ampuni setiap kesalahan yang aku lakukan, Tuhan. Aku berjanji untuk tidak mengulanginya lagi. Ajar aku untuk selalu melakukan firman-Mu. Haleluya, Amin.

Ayo Lakukan

Segera akui dan minta ampun kepada Tuhan saat kita sadar telah melakukan dosa dan kesalahan.

Tahukah Kamu

Air Jordan adalah brand sepatu sangat terkenal. Bukan hanya itu saja, dari 15 sneakers termahal di dunia, 10 di antaranya adalah sepatu Air Jordan dengan berbagai type. Yang termahal adalah Solid Gold OVO x Air Jordans yang dibanderol seharga 28 milyar! Sepatu hasil kolaborasi antara Drake dan Nike ini seluruhnya dilapisi emas 24 karat dan beratnya mencapai 22 kg! Fantastis!

Ayo Ucapkan

Aku mau mengakui dosaku kepada Tuhan dan bertobat sungguh-sungguh.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com