Tuhan Tahu, Kok!

Kamis, 15 Oktober 2020

Ayat Hafalan

Mazmur 139:23

Ayo Renungkan

Si Kancil yang nakal sedang bosan. Tiba-tiba terlintas ide nakal di pikirannya. Si kancil berlari ke arah para petani dan berteriak,”Ada serigala menyerang desa!” Para petani sangat ketakutan dan berlari menyelamatkan diri. Sementara si kancil tertawa terbahak-bahak. Petani marah pada si Kancil. Keesokan harinya, si Kancil yang nakal melakukan hal yang sama, dia berkata, "Lari...! Lari...! Ada serigala!" Para petani segera berlari meninggalkan pekerjaan mereka. Pada hari yang ketiga, saat Kancil berjalan-jalan, dia melihat kawanan serigala kelaparan berjalan ke arah desa! Kali ini yang ketakutan. Dia segera berteriak memberitahukan penduduk desa, “Ada kawanan serigala! Lariiii...!” Tetapi, para petani tidak percaya lagi. Mereka pikir si Kancil pasti berbohong lagi. Akhirnya, kawanan serigala menyerbu desa dan banyak yang terluka, termasuk si Kancil. si Kancil meminta maaf kepada para petani. Para petani pun memaafkannya dan menasihati si Kancil. Tetapi akibat kebohongan si Kancil tidak dapat dihindari. Banyak penduduk desa yang terluka. 
Kadang kita berpikir sedikit berbohong hanya karena ingin bergurau tidak apa-apa. Atau mungkin kita berpikir kita berbohong untuk kebaikan, jadi itu tidak apa-apa. Ingat, bagi Tuhan tidak ada yang namanya dosa kecil atau dosa besar, tidak ada yang namanya dosa untuk kebaikan. Dosa adalah dosa. Pasti ada akibat dari dosa yang kita lakukan dan tidak ada yang tidak diketahui oleh Tuhan. Waktu raja Daud melakukan tipu muslihat untuk dapat mengambil Batsyeba menjadi istrinya, Daud pikir tidak ada yang tahu dan tidak ada yang berani bertanya kepadanya tentang hal itu. Tuhan mengutus nabi Natan untuk menegur Daud dengan keras. Daud segera mengakui kesalahannya dan bertobat. Tuhan mengampuni raja Daud, namun akibat dari kebohongannya tetap harus dia tanggung, yaitu anaknya harus mati. Teman-teman, ingat ya, tidak ada yang tersembunyi bagi Tuhan. Bila kita ditegur karena dosa kita, segera bertobatlah. Tuhan tidak pernah meninggalkan kita, oleh karena itu jagalah hidup kita agar jauh dari dosa. (IAM)
 

Ayo Diskusi dengan Papa dan Mama

1. Apa kata firman Tuhan tentang orang yang mau mengakui dosanya?
2. Apa yang hendak kamu lakukan setelah membaca firman Tuhan hari ini?

Ayo Berdoa

Tuhan Yesus, terima kasih karena Engkau adalah Tuhan yang Maha pengampun. Tuhan, aku mau sungguh-sungguh bertobat dari semua dosa dan kesalahanku. Ampunilah aku Tuhan. Amin.

Ayo Lakukan

Segera akui kesalahanmu dan jangan ulangi lagi.

Tahukah Kamu

Kambing (Capra aegagrus hircus) adalah hewan yang memiliki bidang pandang sangat luas. Pandangan mata seekor kambing bisa mencakup area selebar 330 derajat, sehingga kambing bisa dikatakan dapat melihat ke segala arah tanpa perlu menengok, kecuali untuk melihat punggu mereka sendiri.

Ayo Ucapkan

Aku tidak akan mengulangi perbuatan yang tidak baik di mata Tuhan.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com