Yakin!

Sabtu, 17 Oktober 2020

Ayat Hafalan

Filipi 4:8

Ayo Renungkan

Di sekolah, Chelsea mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran matematika. Setiap ada ujian matematika, dia selalu takut dan gelisah. Chelsea takut kalau dia tidak bisa menjawab soal-soal ujian dan mendapatkan nilai yang jelek. Tetapi Mama Chelsea selalu mengajarinya untuk tidak menyerah dan selalu berusaha. Mama selalu berkata kepadanya, “Chelsea bukan tidak bisa, tapi Chelsea hanya perlu berusaha lebih keras lagi. Kamu perlu terus belajar dan belajar. Di mata Tuhan tidak ada yang namanya tidak bisa, karena Tuhan selalu menolong anak-anak-Nya yang mau berusaha.” Mama selalu menyemangati Chelsea, sehingga Chelsea yakin pada dirinya sendiri. Yakin kalau dia bisa dan hanya perlu belajar lebih rajin lagi. Di sekolah Chelsea juga memberikan semangat kepada teman-temannya yang mengalami kesulitan dalam pelajaran, seperti yang dilakukan Mama kepadanya. Dia terus menyakini teman-temannya bahwa mereka pasti bisa. Dia mengajak teman-temannya belajar bersama-sama dan saling membantu bila ada yang tidak mengerti. Lama kelamaan nilai Chelsea dan teman-teman sekelasnya semakin baik. Chelsea telah melakukan hal yang benar. Dia tetap yakin dan percaya bahwa dirinya dan teman-temannya pasti bisa memperoleh nilai yang lebih baik asal mau belajar lebih sungguh-sungguh. Chelsea telah melakukan hal yang benar, apakah kalian sudah seperti Chelsea? Ketika kalian mengalami kesulitan atau kegagalan dalam suatu hal, apakah kalian masih tetap yakin bahwa kalian bisa mengatasinya? Atau, kalian malah semakin menganggap diri kalian tidak mampu? Yuk kita belajar untuk punya semangat seperti Chelsea. Selalu ingat dan perhatikan hal-hal baik yang Tuhan telah berikan dalam diri kita dan terus berusaha untuk dapat keluar menjadi pemenang. (FY)

Ayo Diskusi dengan Papa dan Mama

1. Apa yang selama ini menjadi kesulitan bagi kamu? Pelajaran sekolah? Atau ada hal yang lainnya? Ceritakan kepada Papa dan Mama ya.
2. Ketika kalian gagal atau mengalami kesulitan, apa yang seharusnya kamu lakukan?

Ayo Berdoa

Tuhan Yesus, saat aku gagal dan mengalami kesulitan, berikanku kekuatan untuk terus berusaha. Aku mau membuang jauh-jauh pikiran yang menganggap diriku tidak mampu. Roh Kudus, murnikanlah hati dan pikiranku agar aku fokus pada hal-hal yang baik yang Tuhan sudah berikan dalam hidupku. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

Ayo Lakukan

Tetap yakin pada dirimu dan terus berusaha.

Tahukah Kamu

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata “yakin” memiliki arti “percaya (tahu, mengerti).” Ketika kita yakin bahwa kita bisa, maka itu artinya kita percaya, tahu dan mengerti bahwa diri kita memang bisa.

Ayo Ucapkan

Aku pasti bisa!
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com