Be Thankful

Minggu, 15 November 2020

Ayat Hafalan

Ibrani 13:15

Ayo Renungkan


Pada zaman Alkitab, penyakit kusta adalah penyakit yang mengerikan. Orang yang terkena sakit kusta dianggap terkena kutuk dan tidak bisa disembuhkan. Mereka harus diasingkan jauh dari kota atau desa. Bila ada orang yang terkena kusta dan sembuh, maka dia harus diperiksa oleh imam dan hanya imam yang dapat menyatakan bahwa dia sudah sembuh. Dalam bacaan Alkitab kita hari ini, ada sepuluh orang kusta yang berseru kepada Yesus dan meminta belas kasihan agar mereka disembuhkan (ditahirkan). Tanpa basa-basi, Yesus lalu memerintahkan mereka untuk pergi dan menunjukkan diri mereka kepada para imam. Kesepuluh orang kusta itu bertindak dengan iman, mereka mengikuti perintah Yesus untuk menemui imam, Dalam perjalanan, mereka semua sembuh. Tentu mereka merasa sangat senang. Tetapi, dari sepuluh orang kusta itu, hanya satu orang yang kembali kepada Tuhan Yesus dan mengucapkan terima kasih atas belas kasihan dan kuasa-Nya yang besar. Sembilan orang kusta yang lainnya entah pergi kemana. 
Teman-teman, melalui kisah ini kita diingatkan oleh firman Tuhan, bukankah kita juga kadang seperti sembilan orang kusta tadi? Kita lupa untuk mengucap syukur atas berkat- berkat yang Tuhan berikan kepada kita. Setiap pagi kita bangun dan melihat matahari bersinar, apakah mengucap syukur kepada Tuhan? Bila makanan yang disediakan tidak kita sukai, kita mengeluh. Padahal bisa makan dengan teratur setiap hari adalah berkat dari Tuhan. Teman-teman, yuk kita belajar untuk selalu ingat pada kebaikan Tuhan dan berterima kasih kepada Tuhan. Semua yang terjadi di dalam hidup kita adalah berkat kebaikan Tuhan. Tuhan begitu memperhatikan dan mengasihi kita. Sudah seharusnya kita mengucapkan terima kasih yang tidak habis-habisnya kepada Tuhan, bukan? [EH] 

Ayo Diskusi dengan Papa dan Mama

1. Pernahkah kamu lupa untuk mengucap syukur kepada Tuhan? Kapan dan mengapa?
2. Tuliskan semua berkat Tuhan dalam hidupmu. Coba renungkan, apakah kamu sudah mengucap syukur untuk semua berkat-berkat itu?

Ayo Berdoa

Tuhan Yesus, ampuni aku kalau aku lupa untuk berterima kasih atas begitu banyak berkat yang Engkau sudah berikan kepadaku dan keluargaku. Ajar aku, Tuhan, untuk selalu mengucap syukur atas kebaikan-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

Ayo Lakukan

Ingatlah selalu untuk berterima kasih kepada Tuhan.

Tahukah Kamu

Penyakit kusta adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri. Kusta adalah penyakit yang menular. Indonesia pernah memiliki Rumah Sakit khusus pasien sakit kusta, yaitu RS Sitanala di Kota Tangerang, Banten. Di zaman modern ini penyakit kusta bisa disembuhkan bila diobati dengan tepat.

Ayo Ucapkan

Terima kasih, Tuhan, buat segala berkat dan kebaikan-Mu dalam hidupku.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com