Si Juru Minum yang Lupa

Selasa, 17 November 2020

Ayat Hafalan

Mazmur 9:2

Ayo Renungkan


Tadi pagi Dino jatuh dari sepedanya ketika pergi ke sekolah. Untungnya, ada seorang bapak yang menolong Dino. Karena takut terlambat tiba di sekolah, Dino segera pergi dan lupa mengucapkan terima kasih. Di sekolah, Dino baru ingat dan hatinya gelisah sepanjang hari itu. Dino merasa bersalah karena tidak mengucapkan terima kasih dan buru-buru pergi. Pulang sekolah, Dino mencari kakek yang menolongnya tadi pagi. Ternyata bapak itu masih ada di tempat Dino terjatuh tadi pagi. Dino bergegas menghampirinya dan mengucapkan terima kasih. Bapak itu pun tersenyum dan Dino jadi lega melihat bapak itu tersenyum. Nah, di dalam Alkitab ada kisah yang mirip-mirip dengan cerita Dino lho. Masih ingatkah kalian pada cerita tentang juru minuman Firaun yang ditolong Yusuf di penjara? Ya, juru minuman yang mimpinya ditafsirkan oleh Yusuf, tetapi kemudian lupa pada Yusuf. Padahal Yusuf hanya minta kepada juru minuman untuk menceritakannya kepada Firaun agar Yusuf bisa dibebaskan dari penjara, tapi dia lupa. Akhirnya si juru minuman itu teringat kepada Yusuf ketika Tuhan memberikan mimpi kepada Firaun dan tidak ada satu orang pun di Mesir yang mengerti arti mimpinya itu. Akhirnya, Yusuf pun dipanggil menghadap Firaun dan tentu kita sudah tahu akhir dari kisah Yusuf, bukan? Yusuf kemudian diangkat menjadi Perdana Menteri di Mesir. 
Teman-teman, sikap Dino perlu dicontoh loh! Dino berusaha untuk mencari bapak yang menolongnya untuk mengucapkan terima kasih. Kalau kita saja senang bila ada orang yang kita tolong mengucapkan terima kasih kepada kita, apalagi Tuhan. Tuhan pasti senang kalau kita tidak lupa untuk berterima kasih kepada-Nya. Nah, kalau selama ini kita suka lupa mengucapkan terima kasih kepada Tuhan, yuk mulai hari ini kita biasakan untuk berterima kasih kepada Tuhan, karena Tuhan sudah begitu baik buat kita dan memelihara hidup kita setiap saat. [HA]

Ayo Diskusi dengan Papa dan Mama

1. Mengapa kamu harus mengucapkan terima kasih kepada orang yang telah menolong kita?
2. Apa alasan bagi kita untuk mengucapkan terima kasih kepada Tuhan? Bagaimana caranya kamu mengucapkan terima kasih kepada Tuhan?

Ayo Berdoa

Tuhan Yesus, terima buat penyertaan dan pemeliharaan-Mu atas hidupku dan keluargaku. Aku berjanji, Tuhan, untuk selalu berterima kasih kepada orang-orang yang telah menolong ku dan yang lebih utama mengucapkan terima kasih kepada-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

Ayo Lakukan

Biasakan diri untuk mengucapkan terima kasih kepada Tuhan dan semua orang.

Tahukah Kamu

Robert A. Emmons, seorang professor psikologi dari Universitas California, mengatakan bahwa rasa berterima kasih dapat meningkatakan kebahagiaan secara signifikan sekaligus mengurangi pikiran negatif pada diri sendiri.

Ayo Ucapkan

Hatiku penuh ucapan syukur dan aku berterima kasih kepada Tuhan.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com