SYUKUR

Kamis, 19 November 2020

Ayat Hafalan

Mazmur 50:23a

Ayo Renungkan

Saat berjalan santai bersama dengan Toni, tiba-tiba Joni tersandung oleh kakinya sendiri dan jatuh terjembab. ”Aduhh!” Bukannya membantu, tetapi Toni malah tertawa, “Hahahaha…Syukurin kamu Jon!“ Andri, teman Joni yang rumahnya berdekatan, tidak sengaja melihat kejadian itu. Ia segera berlari keluar rumah dan memeriksa keadaan Joni. Dia mengajak Joni ke rumahnya dan mengambil obat serta air hangat untuk membersihkan luka. “Syukurlah kamu hanya lecet sedikit, Jon.”

Teman-teman, kalau kita membaca respon kedua teman Joni ini, kata apa ya yang sama? Ya, benar! Kata SYUKUR. Wah, ternyata kata ‘syukur’ itu bisa punya arti yang sangat berbeda ya. Nada suara saat kita mengucapkan sebuah kata atau kalimat bisa menentukan arti dari ucapan kita. Dan itu semua berasal dari pikiran dan hati kita.

Dari hati dan pikiran yang baik, akan keluar nada suara yang baik. Saat menulis Mazmur 50, Asaf mendapat hikmat dari Tuhan, ternyata di antara korban-korban persembahan hewan yang diberikan untuk Tuhan, mempersembahkan syukur sebagai korban juga disukai  oleh Tuhan, berarti ucapan syukur itu memuliakan Tuhan. Itu sebabnya, kita perlu belajar untuk mengucapkan syukur dengan benar, yang berasal dari hati dan pikiran yang baik, agar ucapan syukur kita berkenan kepada Tuhan. (AF)

Ayo Diskusi dengan Papa dan Mama

1. Bersyukur itu apa sih? Bisakah kamu berikan contoh perbuatan bersyukur?
2. Sudahkah kamu mempersembahkan syukur untuk Tuhan hari ini? Apa yang kamu syukuri dalam hidupmu hari ini?

Ayo Berdoa

Ya Bapa, aku bersyukur hari ini aku boleh belajar cara mengucapkan syukur dengan benar. Aku mau bersungguh-sungguh mengucap syukur dengan hati yang baik, hati yang tulus kepada Tuhan, keluarga dan teman-temanku setiap hari. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

Ayo Lakukan

Berikan pelukan dan ciuman termanis untuk Papa dan Mama sebagai tanda syukurmu kepada mereka.

Tahukah Kamu

Asaf berasal dari suku Lewi yang bertugas untuk memuji Tuhan di Baik Allah (1 Tawarikh 6:39-43).

Ayo Ucapkan

Aku bersyukur kepada Tuhan untuk Papa dan Mama. I love you, Papa. I love you, Mama.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com