La…La…Land

Jum'at, 20 November 2020

Ayat Hafalan

Kolose 3:16c

Ayo Renungkan

 

 “…dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu.” (Kolose 3:16c)

 

Kita semua pasti pernah mendengar musik ya. Musik ada di sekeliling kita. Sejak bayi, balita, ketika kamu ulang tahun pasti ada musik yang dimainkan, bukan? Musik akan lebih bermakna jika disertai dengan kata-kata. Ya, itulah yang kita sebut dengan lagu. Lagu-lagu yang kita nyanyikan itu banyak mengandung arti dan bisa mempengaruhi suasana hati kita juga. Kalau kita mendengar lagu yang gembira, hati kita bisa ikut gembira. Sebaliknya, jika kita mendegar lagu sedih, kita bisa ikut merenung dan bersedih. Lagu dan musik juga banyak digunakan dalam film dan acara-acara. Kamu pernah nonton film La…La…Land atau Elmo? Atau, masih ingat suasana perayaan Paskah atau Natal? Ya, film atau perayaan itu meriah karena ada iringan lagu dan musik. Raja Daud adalah raja yang gemar bernyanyi. Dalam kitab Tawarikh, Daud mengajak semua bangsa Israel menyanyikan pujian bagi Tuhan bersama-sama. Ini dilakukan ketika raja Daud berhasil mengalahkan bangsa Filistin. Kemenangan yang telah Tuhan berikan atas bangsa Filistin, membuat raja Daud begitu ingin mengucap syukur melalui nyanyian pujian bagi Tuhan. Raja Daud tidak mau hanya dia saja yang merayakan kebaikan Tuhan, dia mau membagi-bagikan rasa syukur itu kepada bangsa Israel. Belajar dari raja Daud, kita harus terus mengucap syukur melalui puji-pujian kepada Tuhan. Dalam Kolose 3:16, firman Tuhan mengajarkan supaya kita mengucap syukur kepada Tuhan melalui nyanyian dan puji-pujian. Ketika kita sungguh-sungguh mengucap syukur melalui nyanyian pujian, maka bukan hanya hati Tuhan akan disenangkan, tetapi hati kita juga akan dipenuhi dengan sukacita. Yuk, belajar mengucap syukur kepada Tuhan dengan bernyanyi. (AF)

Ayo Diskusi dengan Papa dan Mama

1. Lagu pujian apa yang kamu sukai?
2. Apa yang hatimu rasakan setelah kamu menyanyikan lagu itu?

Ayo Berdoa

Ya Bapa, terima kasih. Aku mau terus bersyukur dan bernyanyi karena kebaikan-kebaikan-Mu yang besar dalam hidupku. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

Ayo Lakukan

Nyanyikan satu pujian setiap hari untuk Tuhan.

Tahukah Kamu

Lagu pertama di dunia diciptakan 4000 tahun yang lalu. Lagu itu berjudul “Hymn to Creation” yang ditulis oleh bangsa Asyur (Suriah) dalam bahasa cuneiform. Cuneiform adalah bahasa tulisan pertama dalam sejarah manusia yang digunakan oleh bangsa Sumeria di daerah Mesopotamia.

Ayo Ucapkan

Hatiku penuh dengan ucapan syukur dan aku mau bernyanyi buat Tuhan.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com