Aku Sakit Perut!

Kamis, 07 Januari 2021

Ayat Hafalan

Keluaran 16:16

Ayo Renungkan


 “Ini punyaku ya semuanya. Jangan dimakan! Awas kalau dimakan!” Sasa berpesan pada kakaknya, Sisi, agar tidak memakan buah mangga kesukaan Sasa. Pagi itu Sasa ikut Mama ke pasar dan Mama membelikan Sasa buah mangga kesukaannya. Setibanya di rumah,  Sasa langsung mengambil mangga itu dari Mama dan tidak mau berbagi dengan Sisi. Mama membeli 4 buah mangga dan seharusnya cukup untuk dimakan berdua. Namun Sasa berkeras hati untuk memakannya sendiri dan tidak mau berbagi dengan Sisi. Sebenarnya Mama mereka sudah menasehati Sasa agar berbagi dengan Sisi, namun Sasa tidak mau mendengarkannya. Tanpa berlama-lama, Sasa memakan semua buah mangga tanpa tersisa dengan cepat. Tak lama kemudian, Sasa merasa perut sakit sekali. Karena rasa sakit Sasa begitu hebat, akhirnya Mama dan Sisi mengantarkannya ke dokter. Setelah memeriksa Sasa, dokter berkata perut Sasa sakit karena kebanyakan makan mangga. Mendengar penjelasan dokter, Sasa menyesal dan segera minta maaf kakaknya. 
Teman-teman, segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik. Dalam bacaan firman Tuhan kita hari ini, kita bisa belajar dari kisah tentang bangsa Israel yang tidak mau mendengarkan perintah Tuhan. Pada waktu bangsa Israel hidup di padang gurun dan susah untuk mendapatkan makanan. Tuhan mengirimkan makanan kepada mereka setiap pagi, yaitu manna. Tuhan memerintahkan bangsa Israel untuk mengambil manna secukupnya saja, tetapi bangsa Israel tidak mendengar Tuhan dan mereka mengambil sebanyak mungkin. Ternyata manna yang tersisa tidak bisa disimpan dan menjadi busuk. Nah, dari kisah ini kita bisa belajar untuk mencukupkan diri dari berkat yang Tuhan sediakan setiap hari. Kita harus bersyukur atas berkat yang kita terima, belajar mencukupkan diri dan berbagi dengan orang lain.

Ayo Diskusi dengan Papa dan Mama

1. Apa artinya belajar mencukupkan diri?
2. Bagaimana caranya agar kita bisa mencukupkan diri?

Ayo Berdoa

Allah Bapa di sorga, hari ini aku belajar bahwa berkat-Mu di dalam hidupku itu selalu cukup dan bahkan lebih dari cukup. Aku mau belajar mengucap syukur atas segala berkat-Mu dan mulai untuk mencukupkan diriku dengan apa yang Kau berikan setiap hari. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

Ayo Lakukan

Belajar bersyukur, mencukupkan diri dan berbagi dengan orang lain.

Tahukah Kamu

Salah satu benda yang terdapat di dalam Tabut Perjanjian adalah manna, selain tongat Harun yang bertunas dan dua loh batu yang bertuliskan 10 Perintah Allah yang ditulis oleh Musa.

Ayo Ucapkan

Berkat Tuhan selalu baru setiap hari dan itu cukup bagiku dan keluargaku.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com