Gotong Royong

Sabtu, 09 Januari 2021

Ayat Hafalan

2 Korintus 9:7

Ayo Renungkan


Hari ini ketua kelas sibuk berkeliling mengumpulkan uang untuk membeli hadiah bagi wali kelas mereka yang baru saja melahirkan. Namun, ada beberapa anak yang tidak bisa ikut mengumpulkan uang karena keadaan ekonomi keluarga mereka yang kurang baik. Roy melihat ke dompetnya dan menghitung uang yang ia miliki. Kemarin ia baru saja berulang tahun dan Opa memberinya sejumlah uang sebagai hadiah ulang tahunnya. Roy berpikir cukup lama, sampai akhirnya ia menyerahkan beberapa lembar uang kepada ketua kelas. “Aku tahu beberapa anak kelas kita tidak bisa ikut mengumpulkan uang, jadi aku mau memberi lebih,” kata Roy kepada ketua kelas sambil tersenyum. “Terima kasih, ya Roy. Kamu baik sekali,” kata ketua kelas berterima kasih kepada Roy. 
Teman-teman, dalam cerita di atas, Roy dan teman-teman sekelasnya mengumpulkan uang bersama-sama untuk membeli hadiah. Ini namanya gotong royong. Gotong royong artinya melakukan sesuatu bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan. Nah, apa yang dilakukan Roy yang memberi lebih dengan rela dan hati gembira, adalah sebuah perbuatan yang terpuji. Roy telah menjadi saluran berkat Tuhan, membuat semua teman-temannya bersukacita karena dapat bergotong royong membeli hadiah bagi guru mereka. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu juga mau menjadi saluran berkat Tuhan bagi teman-temanmu yang membutuhkan? [LL]

Ayo Diskusi dengan Papa dan Mama

1. Pernahkan kamu gotong royong mengumpulkan dana untuk menolong seseorang? Ceritakan pengalamanmu.
2. Bagaimana jika ada yang tidak dapat ikut mengumpulkan dana? Apa yang kamu dan teman-teman lain lakukan?

Ayo Berdoa

Tuhan Yesus, ajar aku untuk dapat memberi dengan rela dan sukacita, agar aku dapat menjadi saluran berkat-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

Ayo Lakukan

Yuk belajar memberi dengan rela dan penuh sukacita.

Tahukah Kamu

Gotong royong bisa dikatakan sebagai budaya asli Indonesia. Di beberapa daerah di Indonesia, hingga saat ini masyarakat masih saling menolong dalam membangun rumah, mengerjakan sawah dan kebun, dan lain sebagainya.

Ayo Ucapkan

Aku mau menjadi saluran berkat Tuhan dengan rela dan sukacita.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com