PEMUDA MALAS

Selasa, 12 Januari 2021

Ayat Hafalan

2 Tesalonika 3:10

Ayo Renungkan


Desa Pacul adalah sebuah desa yang ditinggali oleh banyak orang yang bekerja sebagai petani. Desa ini terletak di dataran tinggi, sehingga banyak sekali lahan-lahan yang bisa ditanami tumbuhan. Penduduk Desa Pacul sangat rajin bekerja sebagai petani, mereka selalu bekerja bersama-sama dari musim menanam sampai dengan musim panen. Namun, ada seorang pemuda yang sangat malas. Berbeda dengan petani lainnya, ia mulai pergi ke sawah saat matahari sudah terik dan pulang ke rumah lebih cepat dari pada yang lain. Jadi, saat musim panen, sawahnya tidak menghasilkan apa-apa. Ia pun harus menahan lapar karena tidak ada makanan hingga musim panen berikutnya.
Di dalam surat 2 Tesalonika, ada pernyataan tegas dari Rasul Paulus yaitu: jika seorang tidak mau bekerja, janganlah ia makan. Maksud perkataan Rasul Paulus ialah, kita tidak boleh menjadi orang-orang yang malas. Seperti si pemuda dalam kisah di atas, akibat kemalasannya, tidak ada hasil panen yang ia peroleh sehingga ia kelaparan. Nah bagaimana dengan kita? Apakah kita masih sering bersikap malas? Jangan sampai seperti pemuda di atas ya yang harus menanggung akibat kemalasannya. Mari di tahun 2021 ini kita putuskan untuk menjadi anak-anak yang selalu bersikap rajin. Rajin ketika harus mengerjakan tugas dari sekolah, rajin ketika harus membantu mama atau papa, rajin makan sayuran, maupun rajin menabung. [LL]

Ayo Diskusi dengan Papa dan Mama

1. Apakah kamu masih suka bersikap malas? Apa akibatnya?
2. Di tahun 2021 ini, apakah kamu mau memutuskan untuk bersikap rajin? Dalam hal apa kamu akan bersikap rajin?

Ayo Berdoa

Ajar aku tuhan untuk tidak menjadi anak-anak yang malas. Mulai sekarang, aku mau selalu bersikap rajin dalam segala hal. Amin.

Ayo Lakukan

Memutuskan untuk tidak menjadi pemalas

Tahukah Kamu

Walaupun era pertanian dimulai sejak tahun 10.000 SM, nyatanya pertanian buah baru saja dimulai tahun 6000 SM – 3000 SM. Di rentang tahun tersebut, Buah Ara menjadi salah satu tanaman buah yang pertama kali dibudidayakan.

Ayo Ucapkan

Aku mau rajin
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com