Almolonga

Kamis, 14 Januari 2021

Ayat Hafalan

Amsal 6:6–8

Ayo Renungkan


Desa Almolonga di Guatemala adalah desa yang mendapat julukan ‘Vegetable Basket of the America’. Mengapa? Karena sayur-mayur yang dihasilkan di desa ini begitu subur. Bayangkan wortel yang dihasilkan di desa ini bisa seukuran lengan orang dewasa di Amerika! Namun, siapa yang sangka kalau desa ini dahulu begitu kering dan tandus, bahkan warga yang tinggal disana menyembah berhala dan melakukan kejahatan. Semua perubahan ini dapat terjadi karena ada sekelompok anak Tuhan yang berdoa untuk desa dimana mereka tinggal. Mereka berinisiatif berdoa agar perubahan besar terjadi. Dan akhirnya Almolonga dimenangkan bagi nama Tuhan!
Dalam bacaan Alkitab hari ini, kita belajar dari semut, yang walaupun tidak ada pemimpinnya, namun tetap berinisiatif untuk mengumpulkan makanan selama masa panen. Kita juga bisa belajar untuk berinisiatif dalam hal berdoa. Apabila tidak ada sekelompok anak Tuhan di Desa Almolonga yang berinisitif berdoa untuk perubahan desa mereka, tentu saja hingga sekarang desa itu akan tetap menjadi desa yang kering dan tandus. Mari kita juga menjadi anak-anak Tuhan di Indonesia yang berinisiatif berdoa untuk bangsa dan negara kita. Walaupun kita masih kecil sekalipun, namun setiap doa yang kita panjatkan pasti besar kuasa-Nya. Tuhan pasti mendengar seruan kerinduan kita atas perubahan dalam negeri kita ini. Kita bisa mulai berdoa dari hal yang akhir-akhir ini sering kita dengar, yaitu untuk pandemic di Negara kita ini. Selain menjalankan protocol kesehatan dengan benar, kita juga bisa mulai berinisiatif berdoa untuk orang-orang yang terdampak pandemic ini sekaligus berdoa untuk pemerintahan di Indonesia agar bisa membuat keputusan dengan bijaksana. [AF]

Ayo Diskusi dengan Papa dan Mama

1. Apakah yang terpikir olehmu saat mendengar kata Indonesia? Keajaiban apa yang kamu rindukan terjadi di Indonesia?
2. Ajaklah Papa Mama berdoa ya untuk keajaiban yang kamu rindukan terjadi bagi Indonesia.

Ayo Berdoa

“Ya Bapa, terima kasih aku mau belajar mulai berdoa bagi Indonesia. Berikanlah kedamaian atas bangsa Indonesia. Dalam nama Yesus, Amin.

Ayo Lakukan

Temukan 1 hal baru tiap minggu yang bisa kamu doakan setiap hari bagi bangsamu, catatlah dan lihatlah Tuhan akan menjawab doamu.

Tahukah Kamu

Guatemala adalah sebuah negara di Amerika Tengah yang merupakan produsen kopi terbesar di dunia.

Ayo Ucapkan

Aku mau belajar berinisiatif untuk menjadi anak yang suka berdoa bagi bangsaku.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com