IMAN YANG MURNI

Sabtu, 11 September 2021

Ayat Hafalan

1 Petrus 1:7

Ayo Renungkan


Sebentar lagi murid-murid SD Mentari akan menghadapi Ujian Tengah Semester. Selama kurun waktu kurang lebih 2 minggu murid-murid akan menghadapi berbagai ujian. Hal ini dilakukan untuk mengetahui tingkat pemahaman akan suatu pelajaran dari murid-murid SD Mentari. Apabila rata-rata nilai murid baik, berarti hampir semua anak memahami pelajaran yang sudah diajarkan oleh guru-guru dengan baik. Namun, apabila rata-rata nilai kurang baik berarti murid-murid belum memahami pelajaran dengan baik. 
Teman-teman, ternyata kita juga seringkali mengalami ujian di dalam kehidupan kita, mirip seperti Ujian Tengah Semester murid-murid SD Mentari. Hanya saja ujian yang kita alami bukan seperti menjawab soal di sekolah ya. Ujian yang kita alami itu misalnya ujian iman. Bagaimana respon kita saat ada kesempatan dan ajakan teman untuk menyontek, apa yang kita lakukan ketika kita sedang malas membaca Alkitab karena ada acara atau film yang menarik di televisi, atau malas beribadah, dan lain-lain. Sebagai anak-anak Tuhan iman kita diuji dengan suatu keadaan yang terjadi dalam hidup kita, apakah kita tetap dapat percaya dan taat kepada Tuhan? Atau malah sebaliknya, kita gagal dalam ujian iman karena melakukan tindakan yang melanggar perintah Tuhan? Di dalam Alkitab hari ini kita belajar, bahwa ujian yang kita alami dalam kehidupan adalah untuk memurnikan iman kita. Seperti emas yang dimurnikan dengan cara dibakar dengan api, sehingga kotoran-kotoran pada emas akan naik ke permukaan, sehingga kotoran bisa disingkirkan dengan mudah, begitu pula halnya dengan kehidupan kita. Setiap ujian yang kita alami memang tidak enak tetapi akan memurnikan iman kita, sehingga iman kita akan terus kuat dan bertumbuh. Jadi apabila saat ini kita sedang mengalami ujian iman, ayo terus pertahankan iman percaya kita dan terus taat melakukan firman Tuhan. [RK]
 

Ayo Diskusi dengan Papa dan Mama

1. Sebutkan contoh-contoh ujian iman yang pernah kamu hadapi?
2. Apa yang terjadi bila kita lulus dalam ujian iman tersebut?

Ayo Berdoa

Tuhan Yesus, ujian apapun yang saat ini sedang aku hadapi, aku mau tetap taat. Berikan aku kekuatan dan tuntunlah aku di dalam jalan-Mu. Aku mau lulus menghadapi ujian-ujian ini ya Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

Ayo Lakukan

Tetap setia dan taat dalam menghadapi ujian iman di dalam kehidupan kita.

Tahukah Kamu

Sekolah di Finlandia tidak memberikan rapor pada siswanya. Namun, penilaian diberikan oleh guru kepada masing-masing siswa. Sistem pendidikan di Finlandia percaya bahwa pemberian rapor hanya akan meningkatkan rasa persaingan di antara siswa, sementara mereka fokus untuk melatih siswa menjadi pribadi yang kelak dapat berkolaborasi satu sama lain dengan baik.

Ayo Ucapkan

Aku mau lulus ujian iman!
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com