JOSEPH IN POTHIPAR’S HOUSE

Minggu, 12 September 2021

Ayat Hafalan

Mazmur 119:9

Ayo Renungkan


Siapa yang suka makan buah lemon tanpa dicampur minuman atau makanan lain? Buah Lemon sangat masam rasanya ya, mungkin ada yang suka, tapi kemungkinan lebih banyak yang nggak suka. Namun, ternyata bila dicampur dengan bahan lain, buah lemon ini bisa jadi minuman yang sangat enak dan menyegarkan, seperti es limun/lemonade, iced lemon tea dan lain sebagainya. Dari minuman ini, kita belajar bahwa ternyata ada hal baik yang dapat dihasilkan dari suatu hal yang kita anggap buruk. Yusuf mengalami banyak hal yang buruk, bahkan lebih daripada yang pernah kita alami. Ia dibenci oleh saudara-saudaranya, dijual ke Mesir sebagai budak, bahkan dituduh oleh istri Potifar melakukan tindakan yang tidak benar, sehingga ia dimasukkan ke dalam penjara. Tetapi Yusuf selalu membuat yang terbaik dari situasi yang ia hadapi. Dengan imannya kepada Tuhan, kerja keras, dan berkat dari Tuhan, Yusuf menunjukkan bahwa Tuhan tidak pernah meninggalkannya. Dimana pun Yusuf berada, keberadaannya selalu menjadi berkat. Tuhan mengizinkan Yusuf menjadi budak, tetapi Tuhan juga menjadikan Yusuf berhasil. Sebagai anak-anak Tuhan, kita juga harus meneladani sikap Yusuf ini. Kita mungkin pernah berpikir Tuhan tidak diberkati kita karena kita masih mengalami hal-hal yang tidak enak. Itu semua tidak benar. Selama kita hidup dekat dengan Tuhan, taat pada firman Tuhan, maka Tuhan akan selalu menyertai kita dan memberkati kehidupan kita. Bahkan lebih dari itu, Tuhan akan menjadikan kehiodupan kita memberkati banyak orang. Orang lain akan melihat perbedaan dalam hidup kita melalui cara kita berkata-kata dan bertindak. Mari kita berdoa dan meminta Tuhan menolong kita agar dapat menjaga sikap kita sesuai dengan firman Tuhan dan melakukan yang terbaik dalam setiap situasi. [EH]

Ayo Diskusi dengan Papa dan Mama

1. Apa yang kamu pelajari dari kisah Yusuf hari ini?
2. Apakah kamu pernah membuat sesuatu yang baik dari sesuatu yang buruk? Apakah itu?

Ayo Berdoa

Tuhan Yesus, aku percaya walau Tuhan mengizinkan aku untuk melalui situasi yang buruk, Tuhan tidak pernah meninggalkanku. Ajarku untuk dapat melakukan yang terbaik sehingga orang lain melihat pekerjaan Tuhan dalam hidupku. Amin.

Ayo Lakukan

Jagalah perkataan dan tindakan kita sesuai dengan firman Tuhan. Selalu lakukan yang terbaik, sekalipun keadaan tampaknya sedang tidak baik.

Tahukah Kamu

Nama Potifar berarti mengabdikan diri untuk matahari. Itu adalah nama yang terkait dengan kepercayaan bangsa Mesir yang menyembah Dewa Matahari. Potifar adalah kepala pasukan keamanan pribadi Firaun, seorang pejabat yang sangat dipercaya dalam pemerintahan Mesir.

Ayo Ucapkan

Sekalipun situasi buruk terjadi dalam hidupku, aku percaya Tuhan akan tetap menyertai dan memberkati aku.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com