MENGELUH ATAU BERSYUKUR?

Selasa, 14 September 2021

Ayat Hafalan

1 Tawarikh 16:34

Ayo Renungkan


Suatu hari, Sandy dan tim berada di NTT untuk melihat dampak bencana banjir pada bulan April lalu. Sandy dan tim bermaksud ingin bertemu dengan warga yang berada di desa yang terdampak. Ternyata didapati rumah mereka hancur karena bencana banjir tersebut. Rumah-rumah tersebut bukan terbuat dari semen dan batu, tetapi rumah mereka hanya menggunakan bambu yang sederhana dan beratap jerami. Bencana terjadi dan rumah mereka rusak parah. Saat Sandy mengunjungi mereka, didapatinya rumah mereka sangat kecil dan tidak layak untuk ditinggali. Tak hanya tempat tinggal saja, mereka hanya memiliki jagung untuk dimakan dalam persiapan beberapa bulan kemudian. Jangankan memikirkan COVID-19, makan untuk besok saja hanya mengandalkan jagung tua saja. Hidup mereka betul-betul berada di taraf kemiskinan.
Mungkinkan kamu berpikir inilah kisah dari segelintir orang yang hanya kamu baca saja? Sesungguhnya ini adalah kisah nyata yang sampai hari ini masih terjadi dan mereka perlu ditolong. Sandy dan tim sampai hari ini mencari donatur untuk membantu ratusan rumah yang terkena dampak bencana di NTT. Jika hari ini, kamu hidup di rumah yang baik, berbekal gadget yang cukup oke untuk kamu main games, sekolah, dan nonton, maka sepatutnya kamu bersyukur. Sebab di luar sana, sungguh-sungguh banyak orang yang kesulitan hidup. Makan jagung tua saja sudah bersyukur, namun kadang kita mengeluh kepada mama karena makanan hari ini kurang banyak daging atau terlalu banyak sayur. Haruskah kamu mengeluh? Ataukah kamu harusnya mulai bersyukur karena kamu telah hidup lebih baik daripada banyak orang di luar sana? [EZ]

Ayo Diskusi dengan Papa dan Mama

1. Apakah kamu pernah mengeluh? Bagaimana ceritanya?
2. Coba kamu menghitung hal-hal apa saja yang perlu kamu syukuri

Ayo Berdoa

Ya Tuhan, aku mau belajar untuk bersyukur atas apa yang terjadi dalam hidupku, hal yang baik ataupun hal yang buruk karena aku tahu Engkau ada bersama aku. Terima kasih Tuhan Yesus. Amin.

Ayo Lakukan

Bersyukurlah dan berhenti mengeluh.

Tahukah Kamu

Bencana banjir besar di NTT yang terjadi pada tanggal 7 April 2021 membuat kurang lebih 50.000 jiwa mengungsi dikarenakan 17.124 rumah rusak berat, 13.652 rumah rusak sedang dan 35.733 rumah rusak ringan.

Ayo Ucapkan

Aku memilih untuk bersyukur pada hari ini.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com