KADO BALASAN

Kamis, 16 September 2021

Ayat Hafalan

Yesaya 2:22

Ayo Renungkan

16 September merupakan hari ulang tahun Sienna. Ia sangat gembira menyambut hari ulang tahunnya. Mama membuatkan pesta kecil-kecilan di rumah mengundang beberapa teman dekat Sienna. Sienna tak sabar menerima banyak hadiah, khususnya dari sahabat baiknya, Tiara. Saat Tiara berulang tahun bulan lalu, Sienna memberikan kado yang sudah lama diinginkan Tiara. Ia yakin bahwa Tiara juga akan memberikan sesuai yang Sienna inginkan. Namun, Sienna tak menyangka, saat ia membuka kado dari Tiara, isinya bukan seperti yang dia inginkan. Sienna kecewa dan marah pada Tiara. Melihat hal ini Mama menasihatkan Sienna, bahwa sekalipun hadiah Tiara tidak seperti yang diharapkan Sienna, tapi Sienna tidak boleh sampai kesal apalagi marah pada Tiara. Jika menginginkan sesuatu, haruslah berdoa meminta kepada Tuhan, bukan berharap orang lain yang akan memberikannya. Ulang tahun kali ini, Sienna belajar bahwa berharap kepada manusia adalah kesia-siaan. Setelah pengertian yang diberikan oleh Mama ia mau kembali bermain bersama Tiara.

Banyak anak Tuhan yang lupa bahwa harapan satu-satunya dalam hidup kita adalah Tuhan Yesus sendiri. Ayat hafalan hari ini mengingatkan kita sebagai anak Tuhan tidak boleh berharap pada manusia. Seringkali berkat Tuhan melalui orang sekitar kita membuat kita lupa akan Sumber dari berkat tersebut. Mungkin ada saatnya kita berpikir seperti ini, “Papaku kan kaya, aku bisa beli mainan yang aku mau” atau “Guru lesku ‘kan yang paling hebat dan mahal, pasti aku dapat nilai bagus.” Teman-teman harus ingat, jangan pernah mengandalkan orang lain atau diri sendiri. Karena manusia itu terbatas dalam segala hal dan dapat mengecewakan kita. Hanya Tuhanlah harapan kita yang mengerti setiap kebutuhan dan isi hati kita. Percayalah saat kita berharap pada Tuhan, Ia tidak akan mengecewakan. [VJ]

Ayo Diskusi dengan Papa dan Mama

1. Mengapa tidak boleh berharap pada manusia?
2. Ceritakan pengalamanmu saat berharap pada Tuhan!

Ayo Berdoa

Bapa di sorga, aku bersyukur memiliki Engkau sebagai satu-satunya harapan dalam hidupku. Ajar aku untuk tidak berharap kepada manusia. Haleluya, Amin.

Ayo Lakukan

Jangan berharap pada manusia!

Tahukah Kamu

Buaya adalah hewan reptilia pemakan daging dan pemburu ulung bergigi tajam. Namun ternyata buaya tidak bisa menjulurkan lidahnya, karena lidah buaya menempel pada rahang bagian bawahnya.

Ayo Ucapkan

Aku berharap hanya pada Tuhan!
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com