THE TEN COMMANDMENTS

Minggu, 21 November 2021

Ayat Hafalan

1 Petrus 2:9

Ayo Renungkan

Di sekolah pasti ada peraturan-peraturan yang kamu harus patuhi, dan peraturan bukan hanya ada di sekolah tapi di mana-mana. Dalam permainan olah raga atau bahkan ketika kamu bermain video game pun ada peraturan yang harus dipatuhi oleh pemainnya. Di rumah, Papa dan Mama juga pasti memberikan peraturan-peraturan bagi semua anggota keluarga. Kamu mungkin tidak menyukai peraturan, tetapi peraturan dibuat karena suatu alasan. Bayangkan keadaan lalu lintas di jalan jika tidak ada aturan, pasti akan kacau. Tuhan juga memberi bangsa Israel 10 peraturan agar mereka dapat membedakan antara yang benar dan yang salah. Aturan-aturan ini disebut Sepuluh Perintah, dan menjadi dasar  bagi bangsa Israel untuk menjalani kehidupan yang baik. Tuhan sangat mengenal umat-Nya. Ia tahu hati mereka. Ia tahu mereka mereka sering membuat kesalahan, memilih dengan buruk, dan bertindak tanpa berpikir. Tuhan memberi umat-Nya aturan-aturan ini sebagai pengingat tentang apa yang baik dan benar. Tuhan memberi Sepuluh Perintah untuk melindungi dan membantu mereka. Peraturan-peraturan tersebut akan membawa hasil yang baik bagi siapa saja yang mengikutinya, menjaga agar bangsa Israel tetap aman dan damai, dan menunjukkan kepada mereka bagaimana mengasihi dan menghormati satu sama lain dan Tuhan. Peraturan-peraturan itu juga akan membantu kita. Tuhan tidak memberi peraturan untuk membatasi kita, tetapi karena Tuhan menginginkan yang terbaik untuk kita. Peraturan-peraturan Tuhan membimbing kita dalam membuat pilihan, dan menunjukkan kepada kita bagaimana mengasihi Tuhan dan sesama kita. Peraturan-peraturan Tuhan membuat kita tetap dekat dengan Tuhan. Mari belajar untuk melakukan Sepuluh Perintah agar kita dapat melakukan hal yang benar, dan membagikan kasih Tuhan kepada semua orang. Jika kita mengikuti Sepuluh Perintah, kita akan menghormati Tuhan dengan mengasihi Dia dan mengasihi sesama. [EH]

Ayo Diskusi dengan Papa dan Mama

1. Mengapa peraturan penting dalam kehidupan kita?
2. Sebutkan Sepuluh Perintah Tuhan! Perintah mana yang menurut kamu sulit untuk kamu lakukan?

Ayo Berdoa

Tuhan, terima kasih untuk setiap perintah dan peraturan yang Engkau berikan kepadaku melalui firman Tuhan. Ajar aku untuk selalu hidup sesuai dengan perintah-perintah-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Ayo Lakukan

Ayo belajar untuk mematuhi perintah Tuhan.

Tahukah Kamu

Sepuluh Perintah ditulis oleh tangan Tuhan di atas dua loh batu. Kedua loh batu ini dihancurkan oleh Musa ketika ia marah melihat bangsa Israel menyembah Patung Lembu Emas. Kemudian Musa memotong dua loh batu baru, dan Sepuluh Perintah kemudian ditulis ulang oleh Tuhan.

Ayo Ucapkan

Perintah Tuhan membantu aku untuk melakukan hal yang benar, mengasihi Tuhan dan sesama.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com