Si Pemikir

Kamis, 02 Desember 2021

Ayat Hafalan

Yesaya 42:6

Ayo Renungkan

Suatu hari terjadi percakapan seru antara anggota-anggota tubuh. Tangan berkata dengan sombongnya: “Aku lah yang paling bermanfaat, apapun bisa aku kerjakan.” Kaki menyanggah, “Ah… tangan! Bukan kamu, tapi aku yang paling hebat. Tanpa aku, tubuh ga bisa berlari, berjalan, ga bisa kemana-mana.” Mulut pun tidak mau kalah, “Sstt...diam semuanya! Kalo ga ada perintahku, kamu Kaki dan Tangan ga bisa kerja juga…tuh benar kan?” Tiba-tiba semuanya pun terdiam, seluruh anggota badan lemas dan tidak bisa bergerak. Ternyata si Pemikir, yaitu Otak, lelah mendengar mereka ribut dan menyuruh semua anggota badan untuk berhenti. Hebatnya, semua menuruti perintah Otak. “Apa kalian bisa tetap melakukan sesuatu, kalo aku mau berhenti akibat kalian saling mengaku siapa yang paling hebat?” Akhirnya, semua anggota badan pun sadar akan kesombongan mereka. Apa jadinya mereka jika si Pemikir berhenti melakukan bagiannya? Pastilah, semuanya tidak bisa berguna.
Luar biasa bukan, Tuhan sudah menciptakan manusia memiliki otak, yang bertugas untuk berpikir, dan mengambil keputusan untuk bertindak. Jika Tuhan, sudah demikian kerennya memberikan otak yang baik, maka sebaiknya juga kita menjaga dan mengembangkan otak (kemampuan berpikir) kita selaras dengan apa yang Tuhan mau bukan? Di dalam Keluaran 36, dengan pengertian (otak yang berpikir) dari Tuhan kepada Musa dan orang-orang Israel, maka pembuatan Kemah Suci yang luar biasa itu, bisa berjalan dengan baik. Begitulah, kita anak-anak Tuhan, sudah dibekali dengan otak dengan segala pengertian dari Tuhan yang hebat pasti bisa digunakan untuk menyenangkan Tuhan, menjadi berkat bagi sesama dan bukan untuk kesombongan diri sendiri ya. [AF]

Ayo Diskusi dengan Papa dan Mama

1. Menurut kamu, seberapa pentingnya fungsi otak di antara anggota tubuhmu yang lain?
2. Coba berpikir sejenak dan ceritakan kepada Papa dan Mama, keahlian apa yang kamu miliki yang dapat kamu gunakan untuk menyenangkan hati Tuhan?

Ayo Berdoa

Bapa di Surga, terima kasih atas tubuhku dengan semua anggota tubuhnya yang luar biasa ini. Engkau menciptakanku begitu sempurna. Tuhan Yesus, aku mau memperbesar pengertianku akan Engkau setiap hari, sehingga aku bisa menjadi teladan yang baik di dalam kehidupanku. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

Ayo Lakukan

Belajarlah untuk rendah hati dan gunakan segenap kemampuan yang ada untuk memuliakan nama Tuhan.

Tahukah Kamu

Otak manusia terdiri dari beberapa bagian yang memiliki fungsinya masing-masing. Bagian otak terluas manusia disebut dengan otak besar atau cerebrum.

Ayo Ucapkan

Aku mau mempergunakan semua kemampuanku untuk kemuliaan nama Tuhan dan melayani sesama.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com