MULUTKU MEMULIAKAN TUHAN

Jum'at, 21 Juni 2024

Ayat Hafalan

Ibrani 13:15

Ayo Renungkan

Pagi itu, Hugo terlambat datang ke Kids Church. Rian datang menghampiri dan menertawakannya, "Dasar Hugo, anak pemalas. Kamu bau karena tidak mandi!" Kakak Kids Church yang melihat hal itu langsung menegur Rian dengan kasih, "Rian, tadi kan kita sudah bersama-sama bernyanyi untuk memuji dan menyembah Tuhan. Apakah baik jika mulut yang Rian gunakan memuji dan menyembah Tuhan juga digunakan untuk mengejek teman?" Akhirnya, Rian menyadari perkataannya dan segera meminta maaf kepada Hugo.
Seperti kisah Rian, terkadang kita menggunakan mulut serta perkataan kita untuk hal-hal yang tidak terpuji. Seringkali mulut kita digunakan untuk mengejek teman, mengucap sumpah serapah, membicarakan keburukan orang lain, berbohong, bahkan mengeluh. Sebagai anak-anak Tuhan Yesus yang sudah diciptakan segambar dan serupa dengan-Nya, maka seharusnya perkataan kita juga harus serupa dengan Kristus. Oleh karena itu, kita harus senantiasa menggunakan mulut kita untuk memuji dan memuliakan Tuhan. Memuji dan memuliakan Tuhan artinya bukan hanya saat kita bernyanyi di gereja saja, namun juga melalui perkataan dan ucapan kita di kehidupan sehari-hari. Jika teman kita berbuat salah, kita sebaiknya menegurnya dengan kasih. Jika ada orang yang menyakiti kita, kita tidak boleh membicarakan keburukannya, tetapi senantiasa mendoakannya. Mulai hari ini, kita harus berkomitmen untuk senantiasa memuliakan Tuhan serta menjadi berkat melalui mulut dan perkataan kita dalam kehidupan sehari-hari. [TS]

Ayo Diskusi dengan Papa dan Mama

1. Apakah kamu pernah menyakiti sesama melalui mulut dan perkataanmu?
2. Bagaimana sebaiknya kamu menggunakan mulut dan perkataan kamu?

Ayo Berdoa

Tuhan Yesus, aku mengucap syukur karena Engkau telah menciptakan aku seturut gambar dan rupa-Mu. Aku menyadari bahwa seringkali aku tidak memuliakan Tuhan bahkan menyakiti sesama melalui perkataanku. Ajarilah aku untuk senantiasa menjadi berkat serta memuliakan Tuhan melalui perkataanku dalam kehidupan sehari-hari. Amin.

Ayo Lakukan

Menjadi berkat bagi sesama melalui perkataan kita.

Tahukah Kamu

Berdasarkan penelitian, manusia rata-rata bisa mengeluarkan 16.000 kata-kata per hari melalui perkataannya.

Ayo Ucapkan

Mulutku senantiasa memuliakan Tuhan!
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com