SAAT ROH TUHAN MENINGGALKAN …

Sabtu,28 Mei 2022

BACAAN ALKITAB HARI INI

1 Samuel 16:14-15

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Mazmur 51:11

RENUNGAN INSPIRASI

Dalam bacaan Alkitab hari ini kita membaca, "Tetapi Roh TUHAN telah mundur dari pada Saul, dan sekarang ia diganggu oleh roh jahat yang dari pada TUHAN." (1 Samuel 16:14). Hal ini dilatarbelakangi oleh ketidaktaatan Saul. Ketidaktaatan yang pertama adalah perihal Saul mempersembahkan korban bakaran yang seharusnya dilakukan oleh Nabi Samuel (1 Samuel 13:1-14). Ketidaktaatan berikutnya adalah saat Saul mengabaikan perintah Tuhan untuk memusnahkan seluruh orang Amalek dan hewan-hewannya. Namun Saul malah menyelamatkan raja Agag beserta hewan-hewan terbaik. Saul kompromi terhadap dosa dengan alasan hendak mempersembahkan kambing domba dan lembu-lembu terbaik itu sebagai korban bagi Tuhan (1 Samuel 15:15). Hal ini menimbulkan kekecewaan Tuhan. Tuhan mengaku menyesal telah menjadikan Saul sebagai raja karena ia tidak melaksanakan firman-Nya (1 Samuel 15:11). Sejak itulah firman Tuhan mencatat bahwa Roh Tuhan mundur dari Saul dan menyebabkan roh jahat mengganggunya. Sejak Roh Tuhan mundur dari Saul, Saul menjadi murung, penuh iri hati dan pelanggaran. Ini semua adalah bentuk penyimpangan karena mengalami penyerangan dari roh-roh jahat. Karena itu sangatlah penting bagi kita tetap tinggal dalam firman-Nya.
Sejatinya, seperti firman Tuhan katakan tubuh kita adalah bait Roh Kudus. Yesus juga berkata, jika kita mengasihi-Nya dengan melakukan segala perintah-Nya, maka Ia akan memberikan pada kita Roh Kudus yang akan menyertai dan diam di dalam kita (Yohanes 14:15-17). Melalui Nabi Yehezkiel Tuhan pun bersabda, "Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya." (Yehezkiel 36:27). Kebenaran ini menjadi parameter bahwa saat kita tak lagi hidup seturut firman-Nya, hati-hatilah bahwa itu artinya kita tak lagi memberi tempat bagi Roh Kudus untuk tinggal dan bekerja dalam diri kita. Hanya mereka yang sungguh-sungguh mengasihi dan menaati firman-Nyalah yang akan mengalami kuasa Roh Kudus bekerja secara nyata dalam hidupnya. [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Mengapa Roh Tuhan undur dari kehidupan Saul?
2. Apa yang menjadi ciri bahwa Roh Kudus diam di dalam kehidupan orang percaya?

POKOK DOA

Bapa, firman-Mu berkata bahwa jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus. Aku mengizinkan Roh-Mu bekerja di dalam hidupku dan tolonglah aku untuk tetap berpegang pada kebenaran-Mu dan melakukannya. Dalam nama Yesus, Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Marilah kita sungguh-sungguh mengasihi Tuhan dengan menaati segala firman-Nya, sehingga Roh Kudus bekerja dengan leluasa dalam hati kita.

HIKMAT HARI INI

“Kamu harus memiliki firman dan juga Roh jika kepribadianmu akan memantulkan yang terbaik yang dari Tuhan untukmu.” – Marilyn Hickey
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com