MENJADI ORANG TUA YANG TERBUKA

Kamis,23 Februari 2023

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

1 Tesalonika 2:8

RENUNGAN INSPIRASI

Setiap orang tua pasti memiliki kerinduan untuk dapat menjadi teladan bagi anak-anaknya. Namun kita juga harus memahami bahwa faktor penting dari keteladanan adalah relasi yang erat dan penuh kasih dengan orang yang hendak kita pimpin dan pengaruhi, yang dalam hal ini adalah anak-anak kita. Kita perlu menjadi orang yang cukup mudah untuk didekati supaya anak dapat melihat siapa kita sebenarnya. Dalam keteladanan, anak perlu melihat cara hidup kita, bagaimana kita memutuskan sebuah pilihan, bagaimana kita menyikapi kegagalan, dan bagaimana hidup kita selalu kembali pada firman Tuhan.

Sebagai keluarga Kristen, kita perlu menjalani hidup bersama dengan kedekatan yang disengaja. Sebab kedekatan yang berkualitas itu sangat penting dan berperan besar dalam efektivitas pemuridan di dalam keluarga. Yang dimaksud dengan kedekatan yang berkualitas itu bukan hanya tentang berada di satu mobil atau berada di satu ruang makan. Tapi kita perlu secara aktif terlibat dalam kehidupan anak-anak. Kita jangan hanya sibuk menjadi pengajar bagi anak-anak, tapi kita perlu menjadi orang tua yang bekerja sama dengan mereka. Hal yang kita bagikan bukan hanya firman Tuhan, tapi juga hidup kita kepada mereka. Kita bisa melihat karunia Tuhan yang begitu besar dalam diri rasul Paulus juga membentuk keteladanan yang indah. Paulus bukan saja rela membagikan Injil, tapi juga hidupnya sendiri karena kasih sayang besar yang ia miliki. Berbagi hidup dengan anak artinya kita harus siap untuk tidak hanya memperlihatkan kekuatan, tapi juga kelemahan kita. Melalui kedekatan tersebut, kita secara nyata memperlihatkan bagaimana kita pun mengejar kesalehan, bagaimana kita bangkit dari kegagalan, bagaimana kita berjuang dalam hidup ini, dan lain sebagainya. Ketahuilah bahwa yang sebenarnya paling anak Anda butuhkan bukanlah orang tua yang sempurna, melainkan bagaimana keluarga mereka yang tidak sempurna dapat mengenal dan menaati Bapa. Menjadi orang tua yang dapat diteladani artinya menjadi orang tua yang dapat didekati melalui hidup yang kita bagikan terhadap anak-anak. [LS]

Anda mungkin melihat anak Anda setiap hari, tapi seberapa sering Anda memperhatikan mereka? Anda mungkin mendengar suara anak setiap hari, tapi apakah Anda benar-benar mendengarkan mereka? Ketika Anda berkomitmen untuk memiliki kedekatan yang berkualitas, apakah proses pemuridan jauh lebih mudah dilakukan?
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com