FONDASI DASAR PEMURIDAN KELUARGA

Senin,27 Februari 2023

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Ulangan 6:5-7

RENUNGAN INSPIRASI

Salah satu fungsi keluarga yang tidak boleh dilupakan adalah menjadi wadah pemuridan bagi seluruh anggotanya. Setiap orang tua tidak boleh melalaikan proses pemuridan kepada anak, dan anak juga harus memiliki kemauan untuk dimuridkan. Namun kita tahu bahwa ini pasti tidak mudah, baik bagi orang tua maupun anak, mengingat proses pemuridan dalam keluarga perlu konsistensi dan tidak terjadi dalam semalam dua malam.

Sama seperti proses membangun sebuah bangunan, proses pemuridan keluarga hanya dapat berjalan konsisten apabila semua anggota keluarga mengerti dan memiliki fondasi yang kuat dalam proses pemuridan. Melalui Ulangan 6:5-7, Tuhan memberikan sebuah perintah untuk melakukan pemuridan dengan mengajar serta melakukan firman Tuhan kepada anak-anak. Tetapi sebelum itu, ada sebuah kalimat yang Tuhan katakan, yaitu kita harus terlebih dahulu mengasihi Tuhan di atas segalanya, dengan segenap hati, jiwa, dan segenap kekuatan kita. Ini bukan tanpa alasan, sebab ketika fondasi kasih kita kepada Tuhan kuat, tugas pemuridan bukan lagi menjadi hal yang berat bagi kita, dan kita pun dapat menjadi teladan iman yang hidup bagi keluarga kita. Pemuridan yang dibangun dengan kasih kepada Tuhan pasti memberikan dampak yang besar. Ada kesabaran, pengertian, dan kebenaran yang dirasakan oleh seluruh anggota keluarga. Bahkan rasul Paulus mengatakan dalam 1 Korintus 13:2, bahwa jika kita tidak mempunyai kasih, semuanya yang kita lakukan sedikit pun tidak ada faedahnya, termasuk ketika memuridkan orang lain. Oleh karena itu, setiap keluarga harus mempunyai fondasi yang benar dan kuat agar pemuridan keluarga berjalan dengan efektif. Orang tua dapat memiliki semangat memuridkan anak-anaknya, dan anak-anak pun mau untuk dimuridkan, karena kasih kita kepada Tuhan membuat apa yang tidak sempurna, menjadi sempurna. [KH]

Apa sebenarnya yang menjadi hambatan dalam proses pemuridan di dalam keluarga Anda? Benarkah itu karena Anda tidak mengasihi Tuhan dengan sungguh-sungguh?
Jika Anda sudah mengevaluasi hal tersebut, tulislah apa hal-hal yang dapat diperbaiki seperti pola pikir, cara, dan metode dalam proses pemuridan. Sehingga evaluasi terjadi dua arah, dan pemuridan bisa berjalan lebih maksimal.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com