PENTINGNYA PERUBAHAN CARA HIDUP

Senin,27 Maret 2023

BACAAN ALKITAB HARI INI

Yeremia 14:20-22

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Yeremia 15:7

RENUNGAN INSPIRASI

Tak sedikit orang berpikir bahwa orang-orang yang religius adalah mereka yang rajin beribadah, berdoa, dan membaca firman Tuhan. Namun tak sebatas itu, spiritualitas yang sebenarnya adalah ketika seseorang mampu menerapkan nilai-nilai rohani tersebut dalam kehidupan nyata, melakukannya dengan benar ketika diperlukan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan hidup. Apakah doa dan perenungan firman Tuhan yang kita tekuni meresap ke dalam hati dan membuat kita menjadi pribadi yang mampu bersikap seperti Yesus? Apakah kita bersikap dengan rendah hati, lemah lembut, dan lebih berempati, saat sedang berada dalam kondisi yang sangat tertekan dan mengalami krisis dalam keluarga? Kemampuan kita dalam menerapkan nilai-nilai rohani di dalam keseharian kitalah yang merupakan inti dari kerohanian yang sejati.
Kerohanian kita tak cukup hanya dengan membaca firman Tuhan dan berdoa, bahkan dengan doa yang sungguh-sungguh sekalipun. Ringkasnya, doa yang sungguh-sungguh harus dibarengi dengan perubahan sikap atau pertobatan. Mari kita belajar dari peristiwa di mana Tuhan memberi jawaban kepada Yeremia. Sebelumnya Yeremia bersyafaat dan mengakui bagaimana kesalahan bangsanya di hadapan Tuhan, "Ya TUHAN, kami mengetahui kefasikan kami dan kesalahan nenek moyang kami; sungguh, kami telah berdosa kepada-Mu" (Yeremia 14:20). Lalu Tuhan menjawab, "Sekalipun Musa dan Samuel berdiri di hadapan-Ku, hati-Ku tidak akan berbalik kepada bangsa ini" (Yeremia 15:7a). Musa dan Samuel adalah nabi yang berdiri membela bangsanya dan didengar oleh Tuhan. Kendati demikian, Tuhan menggambarkan kehadiran mereka sekalipun tak akan merubah hati Tuhan karena mereka tidak mengubah tingkah langkahnya. Ini memberi kita pemahaman bagaimana perubahan sikap memegang peranan sangat penting di mata Tuhan. Tentunya perubahan itu terwujud melalui penerapan. Mari tanyakan pada diri masing-masing, sudahkah kita menerapkan kebenaran dalam sikap hidup sehari-hari? [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Sudahkah keseharian Anda menunjukkan spiritualitas Anda? Seperti apa contohnya?
2. Mengapa spiritualitas kita harus ditunjukkan melalui perubahan sikap? Bagaimana caranya?

POKOK DOA

Bapa, terima kasih untuk kebenaran-Mu hari ini yang mengajarku untuk menunjukkan nilai-nilai kebenaran di dalam keseharianku, mampukan aku, ya Roh Kudus, sebab perubahan sikap itulah yang Engkau kehendaki. Dalam nama Yesus, Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Tunjukkanlah nilai-nilai rohani di dalam kehidupan nyata dan keseharian kita dengan menerapkan kebenaran firman Tuhan. Jangan seakan-akan kita tampak rohani tetapi perbuatan kita tidak menunjukkan kerohanian yang sejati.

HIKMAT HARI INI

Kemampuan dalam menerapkan nilai-nilai rohani di keseharian kita adalah inti dari kerohanian yang sejati.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com