FAITHFUL IN YOUR CALLING

Senin,23 Oktober 2023

BACAAN ALKITAB HARI INI

1 Tesalonika 5:23-24; 2 Timotius 1:11-12

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

1 Korintus 7:20

RENUNGAN INSPIRASI

Salah satu tujuan hidup kita sebagai orang percaya adalah menjalani panggilan dengan setia. Seperti halnya Rasul Paulus. Setelah terpanggil menjadi rasul dan pemberita Injil, Paulus melalui banyak penderitaan secara fisik maupun mental. Ia berjerih lelah, lebih sering dalam penjara, didera di luar batas, dicambuk, dilempari batu, mengalami kapal karam, terkatung-katung di tengah laut sehari semalam, dan juga sering diancam bahaya banjir, bahaya penyamun, bahkan sering tak tidur, lapar dan dahaga, berpuasa, kedinginan dan tanpa pakaian. Meski mengalami semuanya itu, Paulus tak pernah berputus asa atau menyerah. Mari perhatikan bagaimana respon Paulus. "Dalam segala hal kami ditindas, namun tidak terjepit; kami habis akal, namun tidak putus asa; kami dianiaya, namun tidak ditinggalkan sendirian, kami dihempaskan, namun tidak binasa." (2 Korintus 4:8-10). Paulus tetap setia. Hingga akhir hidupnya, ia tak pernah meninggalkan panggilanya di tengah semua penderitaan. Kata Paulus, "Karena aku tahu kepada siapa aku percaya dan aku yakin bahwa Dia berkuasa memeliharakan apa yang telah dipercayakan-Nya kepadaku hingga pada hari Tuhan" (2 Timotius 1:12). Paulus tahu bagaimana ia harus setia karena Kristus yang telah memanggilnya adalah setia. Menurut tradisi, Paulus mati martir dipenggal di Roma.
Bagaimana dengan kita? Kita bisa saja menghadapi banyak tantangan untuk setia pada panggilan Tuhan. Bahkan Iblis akan terus berusaha menggagalkannya. Hal itu mungkin mendorong kita untuk menyerah dengan panggilan kita. Saat kita menyerah, itu hanya akan membuat kita hidup dalam penyesalan, kepahitan, menyalahkan diri sendiri dan orang lain, bahkan mengingkari iman. Karenanya, kita harus bertahan dan setia. Sesuai dengan janji firman-Nya, jika kita mati dengan Kristus maka kita pun akan hidup dengan Dia, dan jika kita bertekun, kita pun akan ikut memerintah dengan Kristus. Marilah kita berusaha sungguh-sungguh, supaya panggilan dan pilihan kita makin teguh. Sebab jika kita melakukannya, maka kita tidak akan pernah tersandung (2 Petrus 1:10). [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Apakah Anda sedang diperhadapkan pada situasi yang menggoyahkan kesetiaan Anda terhadap panggilan Anda?
2. Mengapa kita harus setia terhadap panggilan kita dan bagaimana kita bisa tetap setia?

POKOK DOA

Tuhan, tolong aku untuk tetap setia karena Engkau yang telah memanggilku adalah setia. Karena kutahu kepada siapa aku percaya dan aku yakin bahwa Engkau berkuasa memelihara apa yang telah Kau percayakan padaku hingga pada hari Tuhan. Dalam nama Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Setialah terhadap panggilan Anda, berusahalah lebih keras supaya panggilan Allah dan pilihan-Nya atas dirimu itu menjadi semakin teguh.

HIKMAT HARI INI

Setialah sampai akhir, seperti Kristus setia sampai mati.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com