LOWLINESS OF MIND

Jum'at,27 Oktober 2023

BACAAN ALKITAB HARI INI

Filipi 2:3

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Roma 12:16

RENUNGAN INSPIRASI

Teolog Jonathan Edwards mengatakan kesombongan adalah dosa yang paling tersembunyi, rahasia, dan menipu. Dikatakan menipu karena kita sangat bisa merasa bangga dengan kesadaran kita akan kesombongan, dan mari jujur kita pun sering merasa lebih saleh dari orang-orang yang kita anggap sombong. Kita mungkin berhasil menekan perasaan jemawa dalam diri, kita merasa senang telah mengidentifikasi tanda-tanda awal kesombongan dalam diri kita. Tanpa sadar, kita mempromosikan diri di area pikiran kita sendiri dengan pikiran semacam ini: "apakah orang lain bisa seperti saya yang mengenali tanda-tanda kesombongan dan berjuang menekannya seperti saya". Ini seperti lingkaran setan, karena kita bisa membanggakan kesadaran kita akan kesombongan itu sendiri, dan berpikir diri sendiri lebih baik.
Itu sebabnya melawan kesombongan tidak bisa dilakukan dengan cara sibuk memikirkan hal-hal yang dapat kita lakukan. Saat kita berusaha melawan kesombongan dengan pemikiran "what can I do", kita rentan berputar dalam area kesombongan, kita bangga karena tidak sombong dan malah cenderung memikirkan banyak hal tentang diri kita sendiri. Firman Tuhan katakan kuncinya adalah mengarahkan pikiran kita pada perkara-perkara yang sederhana, atau yang dalam bahasa aslinya "tapeino", yaitu bersikap rendah hati. C.S Lewis mengatakan kerendahan hati bukanlah menganggap remeh diri sendiri, melainkan mengurangi memikirkan diri sendiri. Persis dengan bunyi Filipi 2:3, "[Let] nothing [be done] through selfish ambition or conceit, but in lowliness of mind let each esteem others better than himself." (NKJV). Tetapi dalam kerendahan hati biarlah masing-masing lebih menghargai orang lain daripada dirinya sendiri. Kerendahan hati dapat membebaskan kita dari kesombongan karena saat kita tidak terlalu memikirkan diri sendiri, kita bebas untuk lebih memikirkan kepentingan Kristus dan sesama. Kita dapat terus memperhatikan rahmat Tuhan, bahwa anugerah-Nya yang luar biasa telah menyelamatkan orang-orang malang seperti kita. Jadi, marilah kita mulai kurangi intensitas dalam memikirkan diri sendiri, janganlah merasa diri lebih tinggi dari yang sebenarnya, dan biarlah kita menilai diri hanya berdasarkan ukuran iman yang dikaruniakan Allah kepada masing-masing kita. [LS]

REFLEKSI DIRI

1. Apa yang akan kita lakukan untuk melawan kesombongan?
2. Bagaimana tanggapan orang yang rendah hati ketika ia mendapat pujian atas sesuatu yang ia lakukan dengan baik?

POKOK DOA

Tuhan Yesus, aku bersyukur bahwa karena rahmat-Mu yang luar biasa, aku selamat. Ampuni aku manusia yang sombong, aku sering berpikir lebih tinggi dari yang patut kupikirkan. Biarlah Roh Kudus menolongku berpikir begitu rupa, sehingga aku menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepadaku. Di dalam nama Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Kurangi memikirkan diri sendiri, jangan merasa diri lebih tinggi dari yang sebenarnya, dan senantiasa memperhatikan rahmat Tuhan atas kita. Ingatlah bahwa semua yang kita miliki, termasuk iman kita, berasal dari Tuhan dan harus dijalankan untuk kemuliaan-Nya.

HIKMAT HARI INI

“Kerendahan hati bukan artinya menganggap remeh diri sendiri, tapi mengurangi untuk memikirkan diri sendiri.” – C. S. Lewis
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com