KARUNIA MENIKMATI TIDUR

Sabtu,28 Oktober 2023

BACAAN ALKITAB HARI INI

Mazmur 3:1-8

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Mazmur 4:8

RENUNGAN INSPIRASI

Tidur sering dianggap sebagai kebiasaan belaka, yang merupakan bagian dari kehidupan. Padahal tidur yang baik dan nyenyak adalah salah satu karunia dari Tuhan. Tak banyak orang yang bisa menikmati tidur nyenyak dengan mudah. Padatnya jadwal, banyaknya kesibukan, stress, dan teknologi seringkali mengakibatkan seseorang tidak memperoleh tidur yang nyenyak. Ada banyak peneliti yang berusaha mencari cara untuk memperoleh kualitas tidur. Hal itu dikarenakan adanya korelasi erat antara tidur yang cukup dengan kesehatan dan fungsi emosional yang baik.
Firman Tuhan hari ini merupakan tulisan Daud ketika sedang melarikan diri dari Absalom, anaknya. Sulit membayangkan bagaimana kondisinya sebagai seorang pelarian. Ada banyak lawan yang bangkit menyerangnya, ditambah lawan itu adalah anaknya sendiri. Secara fisik dan emosional, sudah pasti Daud merasa tidak nyaman, yang secara umum membuat seseorang sulit untuk tidur. Tetapi mari perhatikan ucapan Daud selanjutnya. Daud tetap bisa menikmati tidurnya dan mampu berkata, "Aku membaringkan diri, lalu tidur; aku bangun, sebab TUHAN menopang aku!" Di mazmur yang lain, saat dalam kesesakan Daud menyatakan sebab hanya Tuhanlah yang membiarkanya diam dengan aman, sehingga bisa tidur dan membaringkan diri dengan tenteram (Mazmur 4:9). Kita mendapati bahwa kunci kedamaian Daud adalah mempercayai Tuhan sebagai Pelindungnya. Berapa dari kita yang menyadari bahwa Tuhanlah Pelindung kita? Saat ada hal-hal yang membebani, kita bisa membawa segala hal kepada Tuhan dengan tetap percaya bahwa Ia masih memegang kendali seluruh kehidupan kita. Bawalah segala beban kita kepada Tuhan dengan tetap meyakini bahwa Tuhanlah yang menjadi Pelindung kita. Dia-lah sumber kedamaian, yang membuat kita bisa menikmati tidur yang nyenyak, sekalipun situasi tidak menentu. Apabila merasa sulit untuk tidur, berdoalah, lalu perkatakanlah dengan suara, "Dengan tenteram aku mau membaringkan diri, lalu segera tidur, sebab hanya Engkaulah, ya TUHAN, yang membiarkan aku diam dengan aman." [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Apakah ada hal-hal yang mengganggu sehingga Anda sulit tidur? Bagaimana biasanya Anda mengatasinya?
2. Bagaimana caranya agar kita bisa menikmati tidur dengan baik walaupun situasi kita tidak mendukung?

POKOK DOA

Bapa, Engkaulah Perisai yang memelihara hidupku. Apa pun beban yang kualami saat ini, dengan tenteram aku mau membaringkan diri, lalu segera tidur, sebab hanya Engkaulah, ya TUHAN, yang membiarkan aku diam dengan aman. Dalam nama Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Jika ada hal yang membebani, datang kepada Tuhan dengan keyakinan bahwa Ia memegang kendali kehidupan. Perkatakan, “Dengan tenteram aku mau membaringkan diri, lalu segera tidur, sebab hanya Engkaulah, ya TUHAN, yang membiarkan aku diam dengan aman.”

HIKMAT HARI INI

Tidur nyenyak adalah karunia dari Tuhan.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com