MELAYANI SESUAI KAPASITAS

Kamis,30 November 2023

BACAAN ALKITAB HARI INI

Roma 12:3-9

BACAAN NDC BIBLE STUDY

AYAT HAFALAN

Roma 12:3

RENUNGAN INSPIRASI

Bacaan firman Tuhan hari ini merupakan nasihat rasul Paulus agar kita menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah bagi setiap kita. Faktanya, tak sedikit orang percaya melakukan sesuatu melampaui kapasitasnya, melampaui apa yang dikaruniakan Allah baginya. Misalnya, seseorang yang tidak cakap mengajar tetapi memaksakan diri untuk mengajar, atau suara pas-pasan tapi berusaha mati-matian untuk menjadi worship leader. Lebih repot lagi, orang yang tidak cakap, namun berpegang teguh pada pandangannya, tidak mau dibantah, tidak mau dikritik, tapi sungguh percaya diri. Bagaimanapun, sikap demikian akan merepotkan dan menjadi sumber masalah. Setiap kita dipanggil bukan untuk mengejar hal-hal yang berada di luar kapasitas kita, tetapi melakukan sesuatu menurut ukuran iman yang dikaruniakan Allah. Inilah yang Paulus maksudkan, bahwa setiap kita mempunyai karunia yang berlainan. Ada karunia untuk melayani, mengajar, menasihati, membagi-bagikan sesuatu, memberi pimpinan, serta menunjukkan kemurahan.
Segala hal yang kita lakukan tentu akan maksimal dan berfaedah jika sesuai dengan kapasitas kita. Solusi bagi hal ini adalah berusaha mengenali diri dan karunia kita. Bila seseorang benar-benar mengerti karunianya, ia dapat menjadi orang yang potensial dalam melayani. Kita dapat berjuang di area kita masing-masing sesuai dengan kecakapan kita. Mari periksa diri kita, sudahkah kita melayani sesuai dengan kapasitas kita. Apakah kita sedang berusaha melakukan banyak pelayanan demi mengesankan orang lain atau demi ambisi pribadi, padahal kita tidak memiliki kapasitas untuk hal tersebut? Janganlah kita memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kita pikirkan. Layanilah Tuhan sesuai dengan kapasitas dan karunia kita. [RS]

REFLEKSI DIRI

1. Sudahkah Anda mengenali diri dan karunia yang Anda miliki?
2. Sudahkah Anda melayani sesuai dengan kapasitas dan karunia Anda? Jika belum, kendala apa yang menghambat? Komitmen apa yang hendak Anda ambil?

POKOK DOA

Bapa, firman-Mu mengajarku untuk tidak memikirkan dan melakukan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kupikirkan dan lakukan. Roh Kudus tolong aku untuk menguasai diri, sehingga aku melayani sesuai yang dikaruniakan Allah kepadaku. Dalam nama Yesus. Amin.

YANG HARUS DILAKUKAN

Belajarlah mengenali diri dan karunia yang Anda miliki, dan mulailah melayani sesuai dengan kapasitas dan karunia tersebut.

HIKMAT HARI INI

Melakukan sesuatu lebih tinggi dari pada yang patut kita lakukan hanya akan menimbulkan masalah dan membuat kita frustrasi.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com