BE KIND

Sabtu, 07 Mei 2022

Ayat Hafalan

1 Tesalonika 5:15

Ayo Renungkan


Saat pulang sekolah, Bella menangis sejadi-jadinya. Bella berpikir sepeda barunya dicuri orang karena tidak ada di tempat semula ia parkir. Tak lama, Dino keluar dari tempat persembunyiannya sambil tertawa, "Hahaha, begitu saja nangis! Tuh sepedamu ada di sana. Makanya cari dulu yang benar. Hahaha." Dino memang terkenal jahil. Bukan hanya kepada Bella, tapi teman-teman sekelas lainnya pun pernah menjadi korban kejahilan Dino. Bu Margaretha, wali kelas 3A sudah mengetahui hal ini. Walau demikian, Bu Margaretha tetap mengajarkan murid-murid 3A untuk tidak membalas apa yang Dino lakukan. Bu Margaretha berkata, kita harus tetap bisa menjadi teman yang baik bagi Dino, dan percayalah suatu kali melalui kebaikan kita, Dino akan sadar atas setiap tingkah lakunya selama ini. Nasehat yang diberikan Bu Margaretha ini ternyata sejalan dengan apa yang Rasul Paulus katakan kepada jemaat di Tesalonika. Rasul Paulus saat itu memberikan beberapa nasehat kepada mereka, salah satunya adalah tidak membalas kejahatan dengan kejahatan, sebaliknya selalu berusahalah melakukan kebaikan. Mungkin seperti Bella atau murid-murid 3A lainnya, sulit bagi kita juga untuk tetap bersikap baik kepada mereka yang berbuat tidak baik kepada kita. Namun, mengingat begitu banyak kebaikan Tuhan dalam kehidupan kita, seharusnya akan memampukan kita untuk meneruskan kebaikan itu kepada semua orang tanpa terkecuali. Kalau kamu masih merasa sulit, berdoalah. Percayalah Tuhan sendiri yang akan memampukan kamu memiliki hati yang penuh kasih kepada semua orang. [HA]

Ayo Diskusi dengan Papa dan Mama

1. Apa yang harus kita lakukan kepada orang yang berbuat jahat kepada kita?
2. Mengapa kita harus tetap mengasihi meski orang tersebut berbuat jahat kepada kita?

Ayo Berdoa

Bapa di surga, ajari aku untuk bisa memiliki hati yang penuh kasih seperti hati-Mu. Mampukan aku untuk menunjukkan kasih tersebut bahkan kepada orang yang berbuat tidak baik kepadaku. Amin.

Ayo Lakukan

Menunjukkan kasih kepada semua orang tanpa terkecuali.

Tahukah Kamu

Kasih Allah, berasal dari kata Yunani ἀγαπάω (agapaō) yang adalah bentuk lain dari kata agape. Dalam bahasa Yunani, Agape adalah tingkatan kasih paling tinggi. Tuhan sangat mengasihi kita bahkan sampai Ia mau memberikan Anak-Nya Yesus Kristus bagi orang-orang yang tidak taat seperti kita tapi mau percaya.

Ayo Ucapkan

Aku mau mengasihi dan memaafkan orang-orang yang telah berbuat tidak baik kepadaku.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com