GOD’S COVENANT WITH DAVID

Minggu, 08 Mei 2022

Ayat Hafalan

1 Yohanes 5:3

Ayo Renungkan

Apakah seseorang pernah berjanji kepada kamu? Apakah orang tersebut menepati janjinya? Manusia tidak selalu menepati janjinya, tetapi Tuhan selalu menepati janji-Nya. Kisah kita hari ini adalah tentang janji yang Tuhan berikan kepada Daud. Tuhan berjanji bahwa meskipun bukan Daud yang akan membangunkan rumah untuk Tuhan, namun putra Daud yang akan melakukannya. Tuhan juga berjanji bahwa akan selalu ada seseorang dari keluarga Daud di atas takhta yang memerintah atas Israel. Janji-janji Tuhan kepada Daud memang tidak digenapi saat Daud hidup, tetapi janji Tuhan kepada Daud selalu ditepati . Setelah Daud meninggal, putranya, Salomo, menjadi raja Israel berikutnya. Dan seperti yang Tuhan janjikan, Salomo membangun sebuah bait yang indah untuk Tuhan. Tuhan juga menepati janji bahwa seseorang dari keluarga Daud akan selalu memerintah atas Israel. Yesus adalah keturunan Daud. Tuhan menepati janji-Nya kepada Daud melalui Yesus. Janji Tuhan kepada Daud masih digenapi bahkan sampai hari ini, karena Yesus saat ini juga adalah Raja atas segala ciptaan. Ia adalah Raja di atas segala raja! Ia penguasa seluruh alam semesta! Yesus adalah Raja kita selamanya. Tidak ada yang lebih berkuasa dari Yesus. Jika kita membaca firman Tuhan, kita akan membaca banyak janji Tuhan untuk kita anak-anaknya. Kita dapat sepenuhnya percaya Tuhan akan menggenapi janji-janji-Nya dalam kehidupan kita seperti Tuhan menggenapi janji-janji-Nya kepada Daud, dengan syarat kita mentaati dan mengasihi Tuhan. Mari kita belajar tentang janji Tuhan bagi kita dengan membaca firman Tuhan, dan juga belajar taat dan mengasihi Tuhan sehingga janji-janji Tuhan itu digenapi dalam kehidupan kita. [EH]

Ayo Diskusi dengan Papa dan Mama

1. Apa saja janji yang Tuhan berikan kepada kamu? Apakah janji-janji itu telah digenapi?
2. Apabila ada janji-janji Tuhan yang belum digenapi di dalam kehidupan kamu, bagaimana kamu bisa percaya Tuhan akan menggenapi janji-janji-Nya tersebut?

Ayo Berdoa

Tuhan, kami percaya Tuhan selalu menetapi janji Tuhan. Kami mau belajar banyak tentang janji-janji Tuhan dalam hidup kami, dan untuk taat dan mengasihi Tuhan sehingga janji-janji Tuhan tersebut dapat digenapi. Dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Ayo Lakukan

Membaca tentang janji-janji Tuhan dan percaya sepenuhnya Tuhan akan menggenapi janji-janji-Nya dengan hidup taat dan mengasihi Tuhan.

Tahukah Kamu

Memenuhi janji pada diri sendiri untuk berbuat lebih baik atau menjadi lebih baik sama pentingnya dengan menepati janji kepada orang lain.

Ayo Ucapkan

Janji Tuhan akan digenapi di dalam hidupku.
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com