PULPEN LAMA

Kamis, 23 Juni 2022

Ayat Hafalan

Roma 6:6

Ayo Renungkan

Della panik. Saat ini ia sedang mengikuti ujian Bahasa Indonesia, namun tiba-tiba saja pulpen yang ia gunakan untuk menulis tidak dapat digunakan. Della mencoba mengocok pulpen di tangannya. Lalu membuat coretan di pinggir kertas ujian. Tetap tidak bisa. Aduh, pasti karena pulpen ini sudah lama, sehingga tintanya habis. Della membuka kotak pensilnya, dan ternyata tidak ada pulpen lain di kotak pensilnya. Bu Guru yang melihat Della, mengerti, lalu segera meminjamkan Della pulpen. Apakah kalian pernah mengalami apa yang Della alami? Hal ini Della alami karena Della tidak mengganti pulpen nya yang sudah lama dengan pulpen yang baru. Tentu hal ini merugikan Della, apalagi terjadi saat ia sedang menghadapi ujian.

Menyimpan pulpen yang lama ternyata merugikan, seperti mempertahankan manusia lama kita. Apa yang dimaksud manusia lama? Manusia lama adalah kehidupan kita yang dipenuhi dengan dosa. Kehidupan kita yang tidak mengikuti perintah Tuhan. Ketika kita memutuskan untuk percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat kita, kita harus membuang kebiasaan, dosa, dan kesalahan yang sering kita perbuat. Berbohong, menyontek, malas, tidak mau berbagi, atau tidak taat kepada mama dan papa, itu semua mendatangkan dosa. Dan apa ruginya? Dosa-dosa ini akan memisahkan kita dari Tuhan. Tuhan kita adalah Tuhan yang kudus. Tidak bisa kita percaya kepada Tuhan, tapi kita tetap melakukan dosa. Tentu hal ini mendatangkan duka di mata Tuhan. Dalam ayat hafalan kita hari ini kita diingatkan, bahwa ketika kita percaya kepada Tuhan maka, manusia lama kita juga sudah turut disalibkan dan Tuhanlah yang seharusnya kita teladani. Jangan sampai hidupmu masih dikuasai oleh dosa ya! Mintalah Roh Kudus memimpin kehidupanmu, sehingga kamu mampu melakukan Firman Tuhan. [RK]

Ayo Diskusi dengan Papa dan Mama

1. Apakah kamu memahami apa yang dimaksud dengan manusia lama?
2. Mengapa kita harus meninggalkan manusia lama kita?

Ayo Berdoa

Tuhan Yesus, ajar aku untuk hidup sesuai dengan perintah-Mu. Aku mau menyenangkan hati-Mu, Tuhan. Amin.

Ayo Lakukan

Tinggalkan kebiasaan-kebiasaan burukmu.

Tahukah Kamu

Ladislao Jose Biro adalah seorang jurnalis asal Hungaria yang berhasil menciptakan pulpen bersama saudara laki-lakinya yang bekerja sebagai seorang kimiawan.

Ayo Ucapkan

Bye-bye manusia lamaku!
©2017 NDC Ministry. All Rights Reserved.
Powered by GerejaSoft.com